Sabtu 12 Feb 2022 19:14 WIB

Jika Umat Islam Meninggalkan Alquran

Tafsir Surah Ar-Ra'd Ayat 1 menerangkan akibat jika umat Islam tinggalkan Alquran.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Penduduk Desa di Irak Simpan Alquran Berusia 700 Tahun. Tafsir Surah Ar-Ra'd Ayat 1 menerangkan akibat jika umat Islam meninggalkan Alquran.
Foto: Iqna.ir
Penduduk Desa di Irak Simpan Alquran Berusia 700 Tahun. Tafsir Surah Ar-Ra'd Ayat 1 menerangkan akibat jika umat Islam meninggalkan Alquran.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Tafsir Surah Ar-Ra'd Ayat 1 menerangkan akibat yang akan terjadi jika umat Islam meninggalkan Alquran, mereka menjadi umat yang terbelakang, bodoh dan miskin.

الۤمّۤرٰۗ تِلْكَ اٰيٰتُ الْكِتٰبِۗ وَالَّذِيْٓ اُنْزِلَ اِلَيْكَ مِنْ رَّبِّكَ الْحَقُّ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يُؤْمِنُوْنَ

Baca Juga

Alif Lam Mim Ra. Ini adalah ayat-ayat Kitab (Alquran). Dan (Kitab) yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dari Tuhanmu itu adalah benar; tetapi kebanyakan manusia tidak beriman (kepadanya). (Ar-Ra'd: 1)

Ayat ini dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama mengandung arti bahwa Alquran adalah kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Alquran tidak mengandung hal-hal yang bisa meragukan orang terhadap kebenarannya.

Kebenaran Alquran meliputi seluruh aspek yang terkandung di dalamnya seperti hukum, syariat yang bersifat shalih fi kulli zaman wa makan (syariat yang cocok untuk sepanjang zaman dan di semua tempat), bermacam-macam perumpamaan, kisah, dan petunjuknya yang harus diikuti oleh manusia untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Kebenaran Alquran telah terbukti pada masa-masa awal Islam. Dengan berpegang teguh pada Alquran, umat Islam mampu membangun bangsa yang berbudaya tinggi dan berakhlak mulia.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement