Ini 7 Keuntungan Investasi di Reksa Dana: Uang Terbatas Bukan Hambatan

Uang  
Reksa Dana menjadi pilihan investasi untuk investor pemula bahkan dengan modal tidak banyak.
Reksa Dana menjadi pilihan investasi untuk investor pemula bahkan dengan modal tidak banyak.

Reksa dana merupakan sarana investasi bagi investor untuk dapat berinvestasi ke berbagai instrumen investasi di pasar modal.

Produk investasi reksa dana sangat cocok bagi investor yang memiliki banyak keterbatasan, seperti waktu terbatas, dana terbatas, informasi terbatas, dan pengetahuan investasi yang terbatas.

Instrumen ini juga mampu mengurangi risiko investasi karena disebarkan pada berbagai produk investasi. Tetapi bukan berarti reksa dana bebas risiko. Untuk itu, investor tetap perlu mempelajari berbagai risiko produk ini.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berikut ini tujuh keuntungan berinvestasi di reksa dana seperti dikutip dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pertama, Pengelolaan secara profesional.

Reksa dana dikelola oleh para profesional yang memiliki akses pada informasi dan perdagangan efek, sehingga selalu dapat meneliti berbagai peluang investasi terbaik bagi nasabahnya.

Kedua, ada pembagian risiko.

Pola pembagian risiko ini disebut diversifikasi. Pada diversifikasi, dana investasi Anda ditempatkan pada beberapa macam instrumen investasi pasar modal. Dengan demikian, risiko kerugian investasi secara keseluruhan akan lebih kecil.

Ketiga, kemudahan pencairan.

Investasi reksa dana mudah untuk diuangkan kembali karena selain prosesnya mudah, Anda diberikan beberapa pilihan investasi, dengan strategi yang sesuai dengan risiko dan keuntungan yang diharapkan.

Keempat, keleluasaan investasi.

Dalam reksa dana, Anda leluasa memilih suatu jenis investasi dan leluasa pula untuk pindah ke jenis lainnya sesuai dengan tujuan investasi anda.

Kelima, keringanan biaya.

Investasi melalui reksa dana relatif lebih ringan biayanya dibandingkan bila Anda melakukannya sendiri. Hal ini disebabkan karena pengelola investasi menghimpun dana dalam skala besar, sehingga dapat mengalokasikannya secara ekonomis.

Keenam, keringanan pajak.

Hasil keuntungan dan hasil penjualan kembali reksa dana tidak dikenai pajak, sehingga anda mendapatkan keuntungan yang bersih.

Ketujuh, dana terbatas tak masalah.

Meski memiliki keterbatasan dana, waktu, dan pengetahuan karena ia tak lagi perlu repot mengelola portofolio investasinya sendiri, sebab sudah dikelola oleh manajer investasi yang profesional.

Artikel Lain: Belum Naik Saja Gaji Mohamed Salah di Liverpool Bikin Ngiri Abiss!

Artikel Lain: Cara Main Saham dapat Cuan Bagus, Perhatikan 2 Hal Ini

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image