Senin 14 Feb 2022 05:23 WIB

Makan Kayak Begini Dapat Tingkatkan Risiko Serangan Jantung 4 Kali Lipat

Menyantap makanan seperti ini dapat tingkatkan risiko serangan jantung.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Makan berat (ilustrasi). Risiko serangan jantung meningkat empat kali lipat setelah makan makanan berat.
Foto: www.freepik.com.
Makan berat (ilustrasi). Risiko serangan jantung meningkat empat kali lipat setelah makan makanan berat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Serangan jantung mengacu pada kerusakan otot jantung akibat tersumbatnya suplai darah ke area tersebut. Menurut satu badan penelitian, mengonsumsi makanan berat juga dapat secara signifikan meningkatkan risiko serangan jantung hingga empat kali lipat, hanya dalam beberapa jam setelah mengonsumsinya.

Serangan jantung, biasanya ditandai dengan nyeri dada, sesak napas, dan pusing. Kondisi ini sebagian besar dipahami sebagai konsekuensi dari kerusakan seumur hidup pada kesehatan pembuluh darah.

Baca Juga

"Serangan jantung adalah keadaan darurat medis yang serius di mana suplai darah ke jantung tiba-tiba tersumbat, biasanya oleh bekuan darah," kata penyataan lembaga National Health Service (NHS) dilansir Express, Ahad (13/2/2022).

Badan kesehatan itu menjelaskan, sekitar 80 persen serangan jantung dan strok pada orang di bawah 75 tahun dapat dicegah. Upaya menurunkan tingkat penyakit telah melibatkan dorongan untuk pilihan makanan yang lebih sehat.

Meskipun efek kumulatif dari pilihan makanan yang buruk pada jantung lebih signifikan, mengonsumsi sejumlah besar lemak dalam sekali makan kemungkinan cukup untuk memicu suatu kejadian. Faktanya, temuan dari satu studi awal menunjukkan menyantap makanan berat dapat meningkatkan risiko serangan jantung sekitar empat kali lipat dalam waktu dua jam setelah mengonsumsinya.

Makan berlebihan terjadi ketika Anda makan melebihi rasa kenyang, sehingga menyebabkan tubuh bekerja lembur untuk mendukung sistem pencernaan. Satu penelitian tubuh awal yang dipresentasikan pada sesi ilmiah American Heart Association pada 2000 menunjukkan, risiko serangan jantung meningkat empat kali lipat setelah makan makanan berat.

Untuk studi mereka, para peneliti menanyai 1.986 pasien pria dan wanita tentang makanan yang mereka konsumsi sebelum serangan jantung. Dari jumlah tersebut, 158 telah menyantap makanan berat yang diakui sendiri dalam waktu 26 jam sebelumnya, dan 25 telah makan makanan besar selama "periode bahaya" dua jam sebelum kejadian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement