Senin 14 Feb 2022 15:36 WIB

Persiapkan Haji, 71 Persen Calon Jamaah Sudah Vaksinasi Covid-19 Dosis Lengkap

Persiapkan Haji, 71% Calon Jamaah Sudah Vaksinasi Covid-19 Dosis Lengkap srab.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Persiapkan Haji, 71 Persen Calon Jamaah Sudah Vaksinasi Covid-19 Dosis Lengkap. Foto:   Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19
Foto: Republika
Persiapkan Haji, 71 Persen Calon Jamaah Sudah Vaksinasi Covid-19 Dosis Lengkap. Foto: Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) Haji dr. Budi Sylvana menyebut 71 persen calon jamaah haji telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap. Angka ini diambil dari data total jamaah yang sudah melakukan pelunasan, sebanyak 158.871 orang.

"Dari data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Bidang Kesehatan (Siskohatkes) hari ini, jumlah jamaah haji yang sudah di vaksinasi Covid-19 lengkap sebanyak 114.204 (71,88%) dari total jamaah yang sudah melunasi sebanyak 158.871," kata dia saat dihubungi Republika, Senin (14/2).

Baca Juga

Ia menyebut, sembari menunggu keputusan lebih lanjut dari Kementerian Agama terkait keputusan haji, Kementerian Kesehatan secara simultan juga melakukan persiapan. Persiapan di bidang kesehatan haji menggunakan skenario pemberangkatan 100 persen kuota, atau sebanyak 221.000 orang.

Salah satu persiapan yang dilakukan adalah melakukan pemeriksaan kesehatan jamaah haji. Terkait kondisi jamaah dengan risiko tinggi (risti), ia menyebut juga diperlukan pemeriksaan kesehatan ulang.

"Semua jamaah tetap harus dilakukan pemeriksaan kesehatan ulang untuk menentukan status istithaahnya. Pemeriksaan sedang menunggu kepastian kuota," ujar dia.

Lebih lanjut, ia menyebut jumlah jamaah haji yang telah di vaksinasi meningitis tahun 2020 - 2021 disebut sebanyak 126.556 orang atau 62,04 persen. Rencananya, mereka akan kembali melakukan vaksinasi pada 2022 ini.

Untuk membantu memantau kesehatan jamaah haji selama rangkaian ibadah berlangsung, Kementerian Kesehatan disebut telah melakukan perekrutan tenaga kesehatan haji sebanyak 1.829 orang.

Persiapan lain yang dilakukan adalah menyiapkan sarana prasarana operasional kesehatan haji di Arab Saudi. Sejauh ini, pihaknya telah menetapkan tiga gedung RS/KKHI, berikut 25 kendaraan ambulan dan operasional.

"Terakhir, kami juga menyiapkan obat-obatan dan perbekalan kesehatan," katanya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement