Tips Atasi Tangan Pecah-Pecah karena Terlalu Sering Dicuci

Gaya Hidup  
Tangan pecah-pecah karena terlalu sering dicuci
Tangan pecah-pecah karena terlalu sering dicuci

Cuci tangan sudah menjadi ritual nasional di Indonesia sejak pandemi covid-19 awal 2019. Namun, beberapa orang dengan kulit tangan sensitif sedikit tak nyaman dengan kebiasaan ini.

Memang benar, mencuci tangan bagus untuk kesehatan. Namun, terlalu sering mencuci tangan atau menyemprotkan hand sanitizer buktinya tidak terlalu baik untuk kulit.

Kulit tangan kita bisa menjadi kering, bahkan berkembang menjadi ruam yang disebut dermatitis kontak. Saya mengalami sendiri di mana kulit tangan saya merah, gatal-gatal, pecah-pecah, bahkan sampai lecet dan pedih ketika bersentuhan dengan air dan sabun.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Untungnya kita bisa menerapkan langkah lanjutan untuk mencegahnya lebih buruk. Pertama, mencuci tangan dengan air dingin atau suam-suam kuku. Jangan mencuci tangan dengan air terlampau hangat karena bisa memperparah kondisi kulit.

Kedua, jangan mengeringkan tangan dengan handuk kasar karena bisa melukai kulit. Pemilik kulit tangan sensitif sebaiknya mengeringkan tangan dengan cara menepuk-nepuk tangan dengan lembut hingga kering.

Ketiga, oleskan pelembab tangan. Kita harus melakukannya justru saat kulit masih agak lembab. Cari pelembab dengan bahan-bahan aman, seperti petrolatum, minyak mineral, ceramide, dan gliserin.

Keempat, pilih sabun mengandung pelembab. Sabun yang mengandung pelembab tidak terlalu keras untuk kulit.

Carilah sabun yang mengandung gliserin, ceramide, dan asam hialuronat. Kalau kita ingin mencari sabun alami, cari yang mengandung minyak alpukat, shea butter, minyak kelapa, dan minyak jojoba.

Kelima, hindari sabun yang mengandung parfum karena biasanya mengandung alergen yang memicu dermatitis kontak. Selain parfum, kandungan lainnya bisa mungkin methylisothiazolinone, methylchloroisothiazolinone, cocamidopropyl betaine dan balsam.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Parenting dan lifestyle blogger yang senang menuangkan kisahnya di www.muthebogara.blog

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image