Selasa 15 Feb 2022 20:48 WIB

Ketua PBNU Jelaskan Makna dan Fungsi Dzikir Hasbunallah Wa Nimal Wakil

Dzikir hasbunallah wa nimal wakil bukan dzikir untuk perang

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nashih Nashrullah
Dzikir hasbunallah wa nimal wakil (ilustrasi).  Dzikir hasbunallah wa nimal wakil bukan dzikir untuk perang
Dzikir hasbunallah wa nimal wakil (ilustrasi). Dzikir hasbunallah wa nimal wakil bukan dzikir untuk perang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ahmad Fahrurrozi atau Gus Fahrur angkat bicara terkait pernyataan eks Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito yang menyebut bahwa dzikir حَسْبُنَا ٱللَّهُ وَنِعْمَ ٱلْوَكِيلُ hasbunallah wanimal wakil biasanya digunakan untuk perang. 

Gus Fahrur menegaskan bahwa pernyataan eks kapolres tersebut tidaklah benar jika dzikir tersebut biasa digunakan untuk perang. Menurutnya, dzikir ini biasa dibaca setiap tahlilan. 

Baca Juga

Dzikir hasbunallah wanimal wakil memiliki makna, yaitu memohon kecukupan dari Allah dan berserah diri kepada Allah SWT. 

"Tentu saja itu tidak benar. Itu dzikir biasa dibaca setiap tahlilan, bahkan di pesantren saya dibaca setiap bakda sholat berjamaah, " kata Gus Fahrur, melalui pesan elektronik kepada Republika.co.id, Selasa (15/2/2022). "Sebaiknya dia koreksi dan minta maaf jika memang dia salah," lanjutnya.

Dia mengatakan, dzikir hasbunallah wanimal wakil juga disebut dalam Alquran surat Ali Imran ayat 173. Gus Fahrur melanjutkan, ada seorang ulama besar, yakni Syekh Abul Hasan Assyadzily, yang menyusun satu kitab kecil yang menerangkan khasiat dari wirid hasbunallah wanimal wakil. 

Dikatakannya, dzikir ini juga dianjurkan dibaca orang yang berada dalam kesulitan agar ia diberi pertolongan langsung dari Allah SWT. 

Hal itu menurutnya sebagaimana dahulu dibaca Nabi Ibrahim ketika dibakar hidup-hidup oleh Raja Namrud. Dzikir tersebut juga biasa dibaca oleh sahabat Nabi SAW ketika sedang terancam. 

"Dzikir ini cocok diamalkan sebagai penentram hati ketika seseorang sedang gundah gulana, diliputi suka duka dan cobaan silih berganti serta ketika berhadapan dengan kesulitan dan ancaman agar diberi kemudahan oleh Allah SWT," katanya menambahkan. 

Sebelumnya, pernyataan AKBP Rizal Marito menuai sorotan setelah dia menyebut dzikir hasbunallah wanimal wakil biasanya digunakan untuk perang dalam wawancara dengan reporter TV One. 

Rizal merespons kedatangan aparat yang disambut masyarakat Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, dengan dzikir tersebut. 

"Jadi gini awalnya begitu kita datang, mereka tiba-tiba melakukan zikir hasbunallah wanimal wakil. Cukup Allah saja ... ini biasanya digunakan untuk melaksanakan perang. Artinya, mereka sudah mendesain tempat itu sudah mempersiapkan tempat itu untuk perang," kata Rizal dalam cuplikan wawancara tersebut yang kemudian menjadi viral.   

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement