Kamis 17 Feb 2022 13:09 WIB

Kasus Omicron Meningkat, MER-C Aktifkan Lagi Program Isomantau

Program isomantau gratis dan terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia

Rep: Ali Yusuf/Fuji Eka Permana/ Red: Gita Amanda
Isoman ilustrasi. MER-C Indonesia mengaktifkan kembali program Isomantau atau Isolasi Mandiri Terpantau.
Foto: Republika
Isoman ilustrasi. MER-C Indonesia mengaktifkan kembali program Isomantau atau Isolasi Mandiri Terpantau.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengantisipasi meningkatnya kasus Covid-19 varian Omicron, Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia telah mengaktifkan kembali program Isomantau atau Isolasi Mandiri Terpantau, yaitu program yang memberikan bimbingan dan pemantauan terhadap pasien-pasien terkonfirmasi Covid-19 bergejala ringan dan/atau tanpa gejala selama mereka menjalani isolasi mandiri di rumah. Program ini gratis dan terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia sebagai bentuk peran serta MER-C dalam membantu penanganan Covid-19 di Tanah Air.

Ketua Tim Isomantau MER-C dr Tasykuru Rizqa, SpPD mengatakan bahwa MER-C sudah mengaktifkan kembali program Isomantau sejak Januari 2022. "Sebenarnya program Isomantau tidak pernah kami tutup, namun seiring kasus Covid menurun, jumlah pasien yang mendaftar pun menurun. Kini ketika kasus Covid varian Omicron meningkat, mulai banyak lagi masyarakat yang menghubungi call center Isomantau MER-C untuk mendaftar dan mengikuti program ini," kata Tasykuru Rizqa kepada Republika, Kamis(17/2/2022).

Baca Juga

Merespon pemberitaan tentang meningkatnya kasus Covid-19, MER-C mengimbau agar masyarakat tetap antisipatif namun juga rasional dalam mencerna informasi. Antisipatif artinya tetap konsisten menjaga budaya rajin cuci tangan dan memakai masker.

"Rasional artinya melihat informasi berdasarkan fakta, menghindari komentar hiperbola serta tetap mendukung usaha menjaga kesehatan masyarakat," ujarnya.

 

Bagi masyarakat yang terpapar, khususnya yang bergejala ringan dan/atau tanpa gejala agar mengerjakan isolasi mandiri dengan pemantauan Tim Kesehatan yang terlatih. Hal ini dikarenakan pemantauan merupakan variable penting dalam menjaga kondisi individu dan stabilitas pelayanan kesehatan.

Rumah sakit perlu kita manfaatkan seefektif mungkin untuk merawat pasien sesuai indikasi rawat, baik itu karena Covid-19 atau kasus lainnya yang non-Covid-19. Untuk itu, MER-C kembali mengaktifkan program Isomantau, sebuah layanan telemedicine yang memberikan pemantauan setiap hari selama pasien menjalani isolasi mandiri di rumah sampai masa isolasi selesai.

Pemantauan rutin setiap hari ini yang membedakan Isomantau MER-C dengan program telemedicine lainnya. Dengan pemantauan rutin diharapkan pasien yang kondisinya memberat akan dapat diketahui dan segera diarahkan ke RS untuk mendapatkan penanganan.

Masyarakat yang membutuhkan layanan Isomantau dapat menghubungi Call Center Isomantau MER-C di nomor 0822-9922-5050.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement