Sabtu 19 Feb 2022 05:19 WIB

Hidup di Negeri non-Muslim, Muslimah Ini Justru Lebih Dalami Islam

Di negeri non-Muslim seorang muslimah mendalami Islam.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Hidup di Negeri non-Muslim, Muslimah Ini Justru Lebih Dalami Islam. Foto:   Ilustrasi Sahabat Perempuan Nabi - Muslimah
Foto: Pixabay
Hidup di Negeri non-Muslim, Muslimah Ini Justru Lebih Dalami Islam. Foto: Ilustrasi Sahabat Perempuan Nabi - Muslimah

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Seorang Muslimah asal Fairfax, Virginia, Amerika Serikat, Sara Khan (23 tahun), banyak menghabiskan waktunya untuk mempelajari Islam lebih dalam. Hal itu ia lakukan di tengah aktivitasnya sehari-hari di negeri non-Muslim.

Dilansir di The Emory Wheel, Jumat (18/2), tumbuh dewasa, Sara mengingat dengan jelas bahwa ia jarang melihat wajah ataupun orang dengan ras yang mirip dengannya. Ketika Natal datang setiap tahun, pemandangan yang dilihatnya hanyalah pohon-pohon indah yang dihiasi ornamen unik dari jendela tetangga rumahnya.

Baca Juga

“Hadiah besar berjajar di lantai mereka, dan lampu warna-warni bersinar dari dalam ruang tamu mereka,” kata Sara.

Adapun rumah Sara dan keluarganya selalu menjadi satu-satunya di blok tanpa satu ons dekorasi selama musim liburan. Saat lingkungan itu merayakannya, orang tua dan keluarga Sara justru duduk tanpa berpikir sepanjang hari. Kadang-kadang ketika dirinya masih muda dulu, keluarganya justru memainkan CD nasyid untuk mengisi waktu.

Homogenitas menjadi ciri masa kecil Sara yang hidup di negeri Paman Sam itu. Di antara lautan siswa kulit putih dan Kristen, hanya ada segelintir siswa lain yang terlihat seperti dirinya di kelas.

“Saya membuat teman Muslim pertama saya ketika saya berusia enam tahun. Dia adalah salah satu dari empat Muslim lain di sekolah itu, dan satu-satunya yang hampir seumuran dengan saya. Saat itu, tidak satu pun dari kami yang benar-benar tahu apa artinya menjadi Muslim, tetapi mengetahui bahwa kami berbagi sesuatu sudah cukup bagi saya. Dua tahun kemudian, saya pindah ke sekolah lain, dan saya tidak berteman lagi dengan Muslim sampai saya berusia 14 tahun,” ujar dia.

Orang tua Sara menginginkannya untuk berasimilasi lebih dari apa pun. Sebagai imigran, prioritas mereka adalah memastikan bahwa dirinya tidak mengalami pengucilan seperti yang mereka alami ketika mereka pertama kali tiba di Amerika. Ketika datang untuk mendaftarkan dirinya di sekolah akhir pekan, mereka memutuskan bahwa bermain olahraga atau belajar alat musik adalah kegiatan yang positif yang dapat ia gunakan.

Karena hidup di lingkungan non-Muslim dengan tradisi dan budaya yang berjauhan dengan Islam, Sara tak sama sekali merasa memiliki konsep tentang apa arti dirinya menjadi seorang Muslimah. Meskipun ia mengetahui dari keluarganya bahwa memakan daging babi diharamkan, menyembelih harus sesuai syariat Islam, namun ia tak sama sekali mengerti dan tahu caranya untuk shalat dan membaca Alquran.

“Saya juga tidak tahu banyak tentang sejarah Islam atau berbagai tradisi, dan saya berhasil lolos menjadi seorang Muslim yang sebenarnya tidak tahu apa-apa tentang Islam,” ujar Sara.

Namun demikian Sara menjabarkan bahwa keluarga besarnya merupakan orang yang cukup religius. Setelah bertahun-tahun menghabiskan waktu bersama nenek, bibi, paman atau sepupu, Sara mulai penasaran tentang Islam dan ingin belajar lebih banyak tentang agama yang dianutnya.

Suatu ketika saat berada di meja makan, Sara mendengar potongan percakapan mengenai cerita tentang kekuatan doa. “Saya menyaksikan nenek saya membaca Alquran setiap pagi tanpa henti, memberikan struktur pada harinya dan membuatnya merasa percaya diri meskipun menderita penyakit kronis. Keyakinan pada kekuatan yang lebih tinggi memberinya kepastian bahwa semuanya akan baik-baik saja, dan itu membuatku terpesona,” kenangnya.

Ketika Sara berusia 11 tahun, dia ingat menemukan sebuah buklet kecil di masjid tentang bagaimana melakukan shalat, shalat lima waktu yang diwajibkan bagi seorang Muslim. Dengan bantuan anggota keluarganya dan informasi dari internet, akhirnya dia memulai perjalanan untuk belajar lebih banyak tentang Islam. Butuh waktu lama untuk memperbaikinya.

Sara belajar selama bertahun-tahun memiliki bagian-bagian kecil dari doa yang salah karena dirinya belajar secara otodidak. Namun dia mulai memperbaiki bacaan shalat dan bacaan Alqurannya. Ketika dirinya masuk ke kelas 9, sekolah yang ia tempati lebih beragam, dan ia bukan satu-satunya Muslim di ruangan itu lagi.

Terlepas dari semua pertumbuhan yang ia alami itu, Sara belum membuka diri kepada siapa pun di luar keluarga dan dua atau tiga teman dekat tentang pergi ke sekolah Islam di kemudian hari. Dirinya masih menemukan jalannya dalam Islam, belajar siapa yang harus dipercaya dan kualitas apa yang ia cita-citakan sebagai seorang Muslimah muda, tetapi juga kualitas apa yang saya kagumi dari Muslim lain di sekitarnya.

“Ini adalah perjalanan yang sulit belajar untuk mengisi kesenjangan dalam pengetahuan saya dan menjadi lebih dekat dengan keyakinan saya dibesarkan secara longgar. Terlepas dari itu, Islam telah membantu saya mencapai tujuan yang tampaknya mustahil, matang luar biasa selama beberapa tahun terakhir dan belajar untuk menjadi lebih baik dan bersyukur atas apa yang telah saya berikan dalam hidup,” ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement