Ada Apa dengan Striker Mahal Chelsea, Romelu Lukaku?

Ulasan  
Romelu Lukaku menjadi sorotan usai bermain untuk Chelsea di Selhurst Park. (Foto: republika/epa).
Romelu Lukaku menjadi sorotan usai bermain untuk Chelsea di Selhurst Park. (Foto: republika/epa).

Ada apa dengan striker mahal Chelsea, Romelu Lukaku? Permainannya menjadi sorotan saat Chelsea bertandang ke markas Crystal Palace, Sabtu (19/2/2022) malam WIB. Beruntung Chelsea memiliki Hakim Ziyech yang mencetak gol kemenangan pada menit ke-89.

Meski Ziyech menjadi pahlawan kemenangan The Blues, tapi sosok Lukaku yang menjadi trending topic. Pemain berkebangsaan Belgia itu tak sekalipun menembak ke arah gawang Crystal Palace selama bermain 90 menit. Opta Joe mencatat Lukaku hanya menyentuh bola sebanyak tujuh kali.

Tujuh sentuhan bola Lukaku saat Chelsea melawan Crystal Palace merupakan jumlah terendah dalam sejarah laga Liga Primer Inggris bagi pemain yang bermain 90+ menit sejak dilakukan perekaman data pada 2003/2004. Dari rekaman pertandingan, tercatat satu dari tujuh sentuhan bola Lukaku tersebut salah satunya adalah kick-off. Dua sentuhan dilakukan Lukaku sepanjang babak pertama melawan Crystal Palace.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Performa buruk Lukaku tersebut tentu saja menjadi catatan tersendiri bagi Chelsea. Klub asal London tersebut merogoh kocek hingga 115 juta euro untuk memboyong Lukaku dari Inter Milan. Lukaku merupakan pemain termahal di Stamford Bridge.

Roman Abramovich mendatangkan Lukaku untuk mempertajam lini gedor Chelsea musim ini. Sayang, harapan The Blues tak sesuai realita di lapangan. Dilansir Givemesport, Lukaku baru mencetak 10 gol dari 27 laga bersama Chelsea musim ini. Lukaku baru mencetak lima gol di Liga Primer Inggris musim ini. Catatan ini sangat berbeda ketika ia membantu Inter Milan meraih Scudetto musim lalu dengan koleksi 24 gol di Serie A.

Romelu Lukaku (Foto: ESPN)
Romelu Lukaku (Foto: ESPN)

Berikut ini catatan permainan Lukaku saat Chelsea melawan Crystal Palace yang dikutip Sepak Pojok dari SofaScore:

Minutes played: 90

Goals: 0

Assists: 0

Shots on target: 0

Shots off target: 0

Shots blocked: 0

Dribble attempts (successful): 0 (0)

Touches: 7

Accurate passes: 4/6 (67%)

Key passes: 0

Crosses (accurate): 0 (0)

Long balls (accurate): 0 (0)

Ground duels (won): 2 (0)

Aerial duels (won): 2 (0)

Possession lost: 2

Fouls: 2

Was fouled: 0

Offsides: 2

Clearances: 1

Blocked shots: 0

Interceptions: 0

Tackles: 0

Dribbled past: 0

Sebelumnya, Lukaku juga tak banyak memperlihatkan permainan apik bersama Chelsea. Melawan Tottenham Hotspur, ia hanya menyentuh bola sebanyak 28 kali. Lukaku juga menyentuh bola sebanyak 18 kali saat Chelsea melawan Brighton & Hove Albion dan 20 kali melawan Manchester City. Catatan yang sangat miris mengingat Lukaku adalah salah satu pemain nomor sembilan terbaik di dunia.

Meski buruk di Liga Primer Inggris, Lukaku berjasa untuk Chelsea di level Piala Dunia Antarklub. Mantan pemain Manchester United itu menjadi pahlawan Chelsea dengan mencetak gol di semifinal dan final.

Pelatih Chelsea Thomas Tuchel masih mempercayai Lukaku untuk membuktikan permainan terbaiknya. Menurut pelatih asal Jerman itu, Lukaku membutuhkan proses yang berkelanjutan. “Dia telah membuktikan diri di klub manapun dia bermain, dia memliki finishing touch yang manis. Lukaku mencetak gol yang sangat krusial di final Piala Dunia Antarklub," kata Tuchel dilansir Football London.

Usai pertandingan melawan Crystal Palace, Tuchel pun seakan membela Lukaku yang menjadi sorotan media massa Inggris. Namun, ia tidak secara spesifik menyebut nama Lukaku, Tuchel lebih menyinggung ke seluruh pemainnya yang baru saja tiba dari Piala Dunia Antarklub.

“Saya tidak yakin apakah saya memiliki jawaban yang tepat (terkait Lukaku). Saya sulit berkomentar. Dia tidak terlalu banyak terlibat dalam permainan hari ini. Saya harus tetap kalem, kami masih jet-lag setelah perjalanan dari Abu Dhabi. Perbedaan temperatur dan pemain tidak tidur nyenyak,” kata Tuchel.

Tak hanya mengecewakan di lapangan, sebelumnya Lukaku juga membuat gaduh dengan mengatakan dirinya kangen klub lamanya, Inter Milan saat diwawancarai SkySports Italia. Ia dianggap tidak menghargai klubnya saat ini, Chelsea.

Mengetahui ucapannya menjadi viral dan mengecewakan banyak pihak, Lukaku pun mengklarifikasi sekaligus minta maaf. “Untuk fans, saya minta maaf atas kekecewaan yang saya sebabkan. Kalian semua tau hubungan yang saya miliki dengan klub ini sejak saya masih belasan tahun. Saya sepenuhnya mengerti kalian kecewa padaku,” kata Lukaku.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang nulis yang always kepo dengan kabar sepak bola.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image