Senin 21 Feb 2022 18:42 WIB

Kenali 7 Tanda Jantung Mulai tak Sehat dan Perlu Pemeriksaan

Tanda-tanda awal penyakit jantung seringkali tidak jelas.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Tanda-tanda awal penyakit jantung seringkali tidak jelas.
Foto: www.maxpixel.com
Tanda-tanda awal penyakit jantung seringkali tidak jelas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tanda-tanda awal penyakit jantung seringkali tidak jelas. Bisa saja dikaitkan dengan sesuatu yang lain atau tampaknya tidak terkait dengan jantung sama sekali.

Jangan menunggu penyakit jantung atau serangan jantung menyerang. Penting untuk memperhatikan tanda-tanda gejala jantung tidak sehat yang harus diwaspadai. Berikut tujuh tanda jantung tidak sehat dan perlu adanya pemeriksaan.

Baca Juga

 

1. Kelelahan

Sangat mudah untuk berasumsi bahwa energi rendah adalah konsekuensi dari gaya hidup yang sibuk. 

"Ketika otot jantung atau katup mulai rusak, gejalanya mungkin sangat halus seperti kelelahan," ujar Satjit Bhusri, MD, ahli jantung dan pendiri Upper East Side Cardiology di New York City, seperti dilansir dari laman Live Strong, Senin (21/2/2022).

Jika sudah mendapatkan tidur sesuai kebutuhan tetapi masih merasa lelah, ini adalah tanda bahaya.

 

2. Terengah-engah saat naik tangga

Berjalan menaiki tangga membuat Anda terengah-engah, mungkinkah Anda hanya tidak bugar? Jika Anda merasa tidak bisa lagi menoleransi olahraga seperti yang pernah Anda lakukan atau tidak bisa menjalani aktivitas sehari-hari seperti menaiki tangga, itu pertanda ticker Anda mungkin tidak dalam kondisi prima karena tidak dapat memompa darah secara efektif tubuhmu.

Di antara masalah jantung lainnya, dua gejala penyakit katup mitral dan kardiomiopati adalah intoleransi olahraga dan sesak napas. Jangan berasumsi bahwa Anda hanya perlu beberapa HIIT untuk memperbaikinya, periksalah.

 

3. Merasa sangat cemas

Kecemasan seringkali bisa menjadi gejala dari masalah jantung. "Ketika listrik jantung korsleting, hal itu dapat bermanifestasi sebagai kecemasan atau palpitasi," ujar Bhusri. 

Palpitasi adalah ketika jantung Anda terasa seperti berhenti berdetak. Itu saja bisa menimbulkan kecemasan. Stres, kecemasan, dan serangan panik dapat menyebabkan jantung berdebar, dan gangguan kecemasan juga terkait dengan masalah kardiovaskular, menurut penelitian November 2017 di Current Psychiatry Reports.

 

4. Sering pusing

Sirkulasi darah yang buruk membuat sulit untuk mendapatkan cukup darah ke otak dan telinga bagian dalam (yang menjaga keseimbangan Anda), menurut Mayo Clinic.

Jika jantung Anda tidak dapat memompa darah ke tempat yang seharusnya, Anda mungkin merasa pusing, pusing, atau pusing saat berdiri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement