Rabu 23 Feb 2022 10:36 WIB

Ahli Infeksi: Covid-19 Tetap Berbahaya Meski Orang tidak Punya Komorbid

Covid-19 tak hanya berbahaya bagi orang yang memiliki komorbid.

Pencegahan Covid-19 (ilustrasi). Covid-19 berbahaya bagi semua kelompok masyarakat, bukan saja orang dengan komorbid.
Foto: www.pixabay.com
Pencegahan Covid-19 (ilustrasi). Covid-19 berbahaya bagi semua kelompok masyarakat, bukan saja orang dengan komorbid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Infeksi virus corona tipe baru (SARS-CoV-2) tak hanya berbahaya bagi orang dengan komorbid saja. Dokter spesialis penyakit dalam konsultan penyakit tropik dan infeksi dari Universitas Indonesia, Ronald Irwanto, mengatakan bahwa infeksi virus penyebab Covid-19 itu berbahaya bagi semua kelompok masyarakat.

Komorbid adalah penyakit penyerta atau penyakit bawaan selain penyakit utama yang sedang diderita. Dalam kasus Covid-19, beberapa komorbid yang perlu diwaspadai adalah hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung, gangguan pernapasan, gangguan saraf, gangguan endokrin, dan penyakit liver.

Baca Juga

Dr Ronald mengatakan bahwa pada dasarnya komorbid merupakan salah satu penyulit dalam setiap infeksi Covid-19. Akan tetapi, tingginya risiko yang dihadapi pasien saat terinfeksi virus corona tak hanya dihadapi oleh para penyandang komorbid saja.

"Bukan komorbid saja, contoh waktu gelombang delta, banyak pasien yang usia muda meninggal atau kondisinya, payah padahal dia tidak ada diabetes. Ada banyak faktor lain," ujar sekretaris jenderal Perhimpunan Pengendalian Infeksi Indonesia (Perdalin) itu, dikutip pada Rabu (23/2/2022).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement