Kamis 24 Feb 2022 00:16 WIB

7 Cara Alami untuk Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Strok bisa dicegah dengan menurunkan tekanan darah tinggi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Mengonsumsi terlalu banyak garam dapat memicu semua masalah kesehatan yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi, termasuk penyakit jantung, strok, penyakit ginjal dan beberapa jenis demensia. (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Mengonsumsi terlalu banyak garam dapat memicu semua masalah kesehatan yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi, termasuk penyakit jantung, strok, penyakit ginjal dan beberapa jenis demensia. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tekanan darah tinggi bertanggung jawab atas penyakit kronis, seperti strok dan serangan jantung. Dengan gaya hidup yang lebih sehat, mengelola atau menurunkan tekanan darah tinggi bukanlah hal yang mustahil.

Dilansir dari Express.co.uk, Rabu (23/2/2022), berikut tujuh cara alami untuk menurunkan tekanan darah Anda.

Baca Juga

1. Latihan

Aktivitas fisik yang teratur membuat jantung lebih kuat. Itu bisa memompa lebih banyak darah dengan sedikit usaha. Hal ini pada akhirnya membuat tekanan darah Anda menurun.

Menurunkan berat badan juga dapat membantu mengurangi tekanan darah, dan olahraga adalah cara terbaik untuk mempercepat penurunan berat badan. Mayo Clinic merekomendasikan untuk melakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang atau 75 menit aktivitas berat seminggu (atau kombinasi keduanya).

Aerobik adalah setiap aktivitas yang meningkatkan detak jantung dan pernapasan. Anda bisa bola basket atau tenis, bersepeda, menaiki tangga, menari, berkebun, jogging, berenang, berjalan kaki, bahkan memotong rumput dan menyapu halaman.

2. Kurangi garam

Terlalu banyak mengonsumsi garam menyebabkan tubuh menahan lebih banyak air untuk menjaga keseimbangan cairan. Hal ini pada akhirnya memberi tekanan pada dinding pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah Anda.

Makan terlalu banyak garam juga dapat memicu semua masalah kesehatan yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi, termasuk penyakit jantung, strok, penyakit ginjal, dan beberapa jenis demensia. Jadi, sangat penting untuk mengurangi asupan garam dalam makanan Anda.

3. Kurangi alkohol

Minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah. Menurut Mayo Clinic, minum lebih dari tiga gelas dalam sekali duduk bisa meningkatkan tekanan darah dalam jangka pendek, dan konsumsi alkohol berulang kali bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah dalam jangka panjang.

Jumlah kalorinya yang banyak pada alkohol juga bertanggung jawab pada penambahan berat badan. Minuman yang memabukkan juga tidak baik untuk tekanan darah Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement