Hemat Budget Skin Care dengan Self Care

Gaya Hidup  
Self care menghemat budget skin care
Self care menghemat budget skin care

Self care atau perawatan diri sekarang ini kalah pamor gara-gara skin care. Banyak perempuan sibuk membeli kosmetik dan skin care, tetapi melupakan self care.

Padahal self care jauh lebih penting karena hakikatnya kita perlu menjaga kesehatan fisik dan mental, tanpa perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli skin care.

Namun, bagaimana pun kita mendefinisikan dua hal tersebut, penting bagi kita, khususnya perempuan menyusun perspektif tentang seberapa banyak anggaran yang bijak kita alokasikan untuk hal ini. Jangan sampai kita terlalu banyak mengeluarkan uang atas nama self care atau skin care, sampai ada yang berutang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hemat Budget dengan Self Care

Self care adalah kebutuhan, bukan keinginan. Siapa pun bisa lelah dan lelah itu nyata, mau itu lelah fisik, lelah mental, lelah emosional, dan tak ketinggalan lelah finansial. Makanya kita perlu meluangkan waktu untuk self care.

Sering orang salah paham bahwa self care itu mahal. Padahal self care itu tidak harus mahal.

Berikut adalah kiat-kiat self care yang dijamin tidak akan membebani anggaran finansial kita.

1. Keluarlah

Keluar di sini bukan ke luar kota atau ke luar negeri. Pergilah keluar rumah untuk jalan sehat, jogging, lari, atau sekadar mampir di taman kompleks melihat anak-anak kecil sedang bermain.

Alam adalah obat alami dan obat terbaik yang pernah ada. Tinggalkan ponsel, tarik dan embuskan napas dalam-dalam. Dengar dan lihat pemandangan sekitar, suara alam, dan bau yang menyertainya. Maksimalkan seluruh pancaindra kita.

2. Mandilah

Self care sesimpel itu. Mandilah. Nyalakan air, bila perlu masak air panas untuk membasuh badan. Kalau kita punya aromaterapi, misalnya minyak peppermint atau lilin aromatik, tambahkan di kamar mandi.

Maksimalkan relaksasi dan bangunkan seluruh indra kita untuk berfungsi dengan baik.

3. Minumlah

Minum banyak air salah satu bentuk self care sederhana. Banyak orang karena keasikan di depan laptop, minum air saja suka lupa.

Apa yang kita masukkan ke dalam tubuh kita itu berkorelasi langsung dengan apa yang kita rasakan. Pastikan kita menghidrasi tubuh kita supaya kulit tetap bagus, pikiran tetap segar.

4. Tidurlah

Sama seperti makan dan minum, tubuh kita juga membutuhkan waktu untuk tidur. Pastikan kita cukup tidur. Ingat, tidur banyak bukan cuma buat anak-anak.

Cara terbaik untuk mempersiapkan diri sebelum tidur adalah mematikan seluruh perangkat gawai setidaknya 30 menit sebelumnya.

5. Bicaralah

Ada begitu banyak orang baik di luar sana. Bicaralah, ngobrollah dengan mereka. Ungkapkan apa yang kita rasakan, apa yang kita pikirkan, apa yang kita khawatirkan. Jangan hadapi semua masalah sendiri.

6. Peregangan sejenak

Kita tidak harus self care dengan yoga. Lakukan gerakan-gerakan peregangan sederhana setiap hari untuk membuat perbedaan besar yang mendukung kesehatan fisik dan mental. Peregangan sangat bagus untuk melepas stres, menghilangkan ketegangan, dan menenangkan pikiran.

7. Baca buku

Berikan mata kita waktu untuk beristirahat menatap layar sepanjang hari. Biarkan dua bola mata kita membaca halaman demi halaman buku cetak sebagai gantinya.

Ada banyak buku bagus menunggu untuk dibaca. Temukan salah satu bacaan favorit.

8. Rapikan ruangan

Orang bilang meja yang berantakan mencerminkan pikiran yang berantakan. Rapikan ruang kerja kita supaya mata senang melihatnya dan pikiran tidak sumpek.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Parenting dan lifestyle blogger yang senang menuangkan kisahnya di www.muthebogara.blog

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image