Kamis 24 Feb 2022 09:59 WIB

IPB University Jalin Kerja Sama dengan Universitas Insan Cita Indonesia

Rektor: IPB University terus belajar, bersama perguruan tinggi manapun.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria (kiri) dan Rektor Universitas Insan Cita Indonesia, Prof Laode M Kamaluddin seusai meneken kerja sama antara kedua universitas di Kampus IPB Dramaga Bogor, pekan lalu.
Foto: Dok IPB University
Rektor IPB University, Prof Arif Satria (kiri) dan Rektor Universitas Insan Cita Indonesia, Prof Laode M Kamaluddin seusai meneken kerja sama antara kedua universitas di Kampus IPB Dramaga Bogor, pekan lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- IPB University menjalin kerja sama pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bersama Universitas Insan Cita Indonesia. Kerja  sama itu tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman kedua pihak,  di Kampus IPB Dramaga, Bogor, pekan lalu.

Rektor Universitas Insan Cita Indonesia, Prof Laode M Kamaluddin dalam sambutannya mengungkapkan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan IPB University. Mengingat Universitas Insan Cita Indonesia belum lama berdiri.

“Terima kasih IPB University telah menerima kami, universitas baru yang usianya baru satu tahun. Namun saya yakin kita memiliki semangat yang sama untuk memajukan pendidikan Indonesia,” ujarnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia melanjutkan, sebagai universitas baru, pihaknya harus banyak belajar. IPB University dipilih sebab,  menurutnya,  di kampus inilah pusatnya ilmu pengetahuan dan ragam pengalaman.

“Semoga kerja sama ini lebih mendekatkan hati dan pikiran, agar di masa depan kita bisa bergandengan tangan di era digital,” sebutnya.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria turut menyambut baik kerjasama ini. Ia menuturkan, Universitas Insan Cita Indonesia merupakan kampus masa depan. Pasalnya,  kampus ini telah menerapkan prinsip pembelajaran digital. Sebuah konsep yang saat ini tengah diupayakan banyak perguruan tinggi.

“Selamat datang di IPB University. Terima kasih sudah berkenan berkolaborasi dengan IPB University,” buka Prof Arif. 

Meski merupakan kampus yang baru berdiri, Prof Arif meyakini bahwa Universitas Insan Cita Indonesia mampu sukses di masa depan berkat konsep pembelajaran digital yang ditawarkan. Dengan menerapkan digital, maka kampus memiliki kelebihan fleksibilitas dan jangkauan yang lebih luas.

“Kelebihan dari universitas berbasis digital adalah fleksibilitas dan jangkauannya. Bisa menjangkau di manapun, apalagi di era yang semua sangat mungkin dilakukan di mana saja. Karena itu, IPB University juga terus belajar, bersama perguruan tinggi manapun,” katanya.

Oleh sebab itulah, lanjut Prof Arif, dalam menghadapi era saat ini, IPB University juga terus berbenah. Salah satunya adalah melakukan perubahan kurikulum yang disebut K2020, kurikulum yang mampu adaptif dengan perubahan.

“Kurikulum ini mengutamakan fleksibilitas pembelajaran. Agar mahasiswa mampu hands on di bidangnya, serta bagaimana kompetensi harus riil. Tujuannya  agar para lulusan menjadi pembelajar sejati, pembelajar tangguh yang adaptif. Semoga kerja sama ini berjalan dengan baik,” harapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement