Kamis 24 Feb 2022 18:07 WIB

Yogyakarta Gelar Vaksinasi Rabies Gratis Targetkan 150 Hewan

Vaksinasi rabies gratis dipusatkan di Poliklinik Hewan Yogyakarta selama dua hari.

Vaksinator menyuntikan vaksin rabies kepada hewan peliharaan warga (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Vaksinator menyuntikan vaksin rabies kepada hewan peliharaan warga (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Animal Friends Jogja kembali menggelar vaksinasi rabies gratis yang ditargetkan untuk 150 anjing dan kucing milik warga kota tersebut. "Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari program yang sama pada September tahun lalu karena masih ada hewan peliharaan yang belum divaksin," kata Kepala Bidang Kehewanan dan Perikanan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Sri Panggarti di Yogyakarta, Kamis (24/2/2022).

Vaksinasi rabies gratis tersebut dipusatkan di Poliklinik Hewan Kota Yogyakarta selama dua hari, 24 hingga 25 Februari 2022 dengan berbagai syarat antara lain, hewan dalam kondisi sehat, berusia minimal empat bulan, serta tidak sedang hamil dan menyusui. Setiap tahun, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta menargetkan mampu melakukan vaksinasi rabies untuk 2.600 ekor hewan peliharaan seperti anjing, kucing, dan kera.

Baca Juga

Hingga akhir 2021, tercatat sudah ada 2.487 hewan peliharaan yang mendapat vaksin rabies sehingga masih ada sekitar 150 ekor hewan yang belum mengakses vaksinasi. "Makanya, untuk vaksinasi rabies kali ini ditargetkan untuk 150 ekor hewan peliharaan," katanya.

Program vaksinasi rabies yang rutin digelar Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta diharapkan dapat mendukung upaya DIY untuk mempertahankan status sebagai wilayah bebas rabies yang sudah diperoleh sejak 1990. Apabila masih ada masyarakat atau pemilik anjing dan kucing yang melewatkan program vaksinasi rabies gratis bisa langsung datang ke Poliklinik Hewan Kota Yogyakarta. "Tentunya berbayar untuk jasa tindakannya. Tidak mahal, kurang dari Rp 20 ribu," katanya.

Sementara itu, Founder Animal Friends Jogja Rejeki Marsudiani mengatakan, vaksinasi rabies untuk mendukung Yogyakarta mempertahankan status daerah bebas rabies. "Secara umum, kesadaran pemilik untuk memvaksin hewan peliharaannya sudah cukup baik. Bisa dilihat dari antusias masyarakat mengikuti vaksinasi. Bahkan ada yang berasal dari luar kota," katanya. Namun demikian, layanan vaksinasi rabies gratis tersebut hanya ditujukan untuk warga Kota Yogyakarta saja.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement