Sabtu 26 Feb 2022 22:01 WIB

Diantara Rahasia Sholat adalah Tolak Bala, ini Penjelasannya

Sholat merupakan sarana bermunajat serta sumber pensucian hati.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Sholat. (Republika/ Prayogi )
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi Sholat. (Republika/ Prayogi )

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sholat menjadi ibadah yang diturunkan langsung Allah SWT kepada nabi Muhammad ﷺ tanpa melalui perantara malaikat Jibril. Perintah sholat diturunkan kepada nabi Muhammad ﷺ dalam peristiwa Isra dan Miraj.

Banyak rahasia dan keutamaan dalam ibadah shalat. Imam besar Masjid Istiqlal, Prof. KH. Nasaruddin Umar mengatakan bahwa shalat memiliki rahasia-rahasia yang akan diperoleh bagi orang yang mengerjakannya. 

Baca Juga

Sebagaimana menukil keterangan Syekh Ibn  Athaillah yang mengatakan bahwa sholat merupakan sarana bermunajat serta sumber pensucian hati. Di dalam shalat terbentang luas medan rahasia Allah dan muncul darinya kilauan cahaya. Allah SWT berfirman:

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu (Alquran surat Al Baqay ayat 45). 

Prof. KH Nasaruddin Umar mengatakan diantara rahasia sholat adalah menjadi tolak bala. Prof. Nasaruddin mengatakan sejatinya setiap manusia di muka bumi ibarat seperti telur di atas tanduk. Di mana banyak hal yang setiap detik dapat mengancam dan membahayakan kehidupannya. Misalnya saja potensi terjadinya bencana seperti gempa bumi, gunung meletus, badai topan dan lain sebagainya. Atau juga manusia sangat rawan sekali difitnah dan lain sebagainya. Maka menurut Prof. Nasaruddin hal-hal itu semua bisa terhindar ketika seseorang mampu membentengi dirinya dari setiap bencana baik secara zahir maupun batin yakni dengan shalat. 

"Jaid kita dikepung dengan persoalan. Maka salah satu fungsi ibadah shoalt adalah menolak bala. Tidak ada yang bisa menyelamatkan kita selain Allah. Semua punya problem dan tidak ada yang bisa menyelamatkan kecuali Allah. Minta tolong sama Allah dengan sabar dan sholat. Maka dari itu jangan pernah absen sholat. Seandainya bukan karena sholat, bocor semua musibah itu," kata Prof Nasaruddin dalam kajian di Masjid Istiqlal beberapa hari lalu. 

Karena itu Prof Nasaruddin mengajak untuk istiqamah dalam melaksanakan shalat. Dan senantiasa meningkatkan kualitas shalat menjadi kualitas langit. Yakni merasa senang dan nyaman untuk melaksanakan sholat. Sehingga sholat tidak seledar menggugurkan kewajiaban semata. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement