Ahad 27 Feb 2022 07:10 WIB

AS Sita Sabu Seberat 600 Kg dalam Bawang

Paket sabu lebih dari 606 kilogram dibentuk menjadi bola kecil dengan penutup putih

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Narkoba jenis sabu-sabu (ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Narkoba jenis sabu-sabu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SAN DIEGO -- Pihak berwenang Amerika Serikat (AS) menyita metamfetamin senilai hampir 3 juta dolar AS dengan berat lebih dari 600 kilogram. Pengiriman ini disembunyikan di antara pengiriman bawang.

"Ini bukan hanya upaya cerdas untuk mencoba dan menyelundupkan narkotika, yang belum pernah saya lihat sebelumnya, tetapi juga memakan waktu untuk membungkus narkotika ke dalam paket-paket kecil yang dirancang agar terlihat seperti bawang,” kata Direktur Lapangan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS  (CBP) Operasi di San Diego Sidney Aki.

Penyitaan ini terjadi selama inspeksi traktor-trailer di fasilitas federal di San Diego. Sebuah unit K-9 dari CBP memperingatkan pengiriman trailer bawang dan petugas menemukan hampir 1.200 paket kecil sabu.

Pengemudi berusia 46 tahun merupakan warga negara Meksiko. Dia ditangkap karena dugaan upaya penyelundupan narkotika di fasilitas kendaraan komersial pelabuhan masuk Otay Mesa.

Paket sabu lebih dari 606 kilogram dibentuk menjadi bola kecil dengan penutup putih. Kemudian obat terlarang ini dimaksudkan untuk dicampur dengan bawang. Narkoba tersebut diperkirakan bernilai 2,9 juta dolar AS.

"Meskipun kita pasti pernah melihat narkotika dalam produk sebelumnya, tidak biasa bagi kita untuk melihat tingkat detail ini dalam penyembunyian," ujar Aki.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement