Selasa 01 Mar 2022 01:00 WIB

Imam Besar Al-Azhar Minta Pemimpin Dunia Akhiri Perang Rusia-Ukraina

Perang hanya akan membawa lebih banyak pembunuhan, kehancuran, dan kebencian.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Ani Nursalikah
Imam Besar al-Azhar Mesir, Syekh Ahmad el-Tayyeb. Imam Besar Al Azhar Minta Pemimpin Dunia Akhiri Perang Rusia-Ukraina
Foto: Gulfnews.com
Imam Besar al-Azhar Mesir, Syekh Ahmad el-Tayyeb. Imam Besar Al Azhar Minta Pemimpin Dunia Akhiri Perang Rusia-Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Imam Besar al-Azhar Sheikh Ahmed El-Tayyeb meminta Rusia dan Ukraina untuk mengindahkan berbagai suara internasional untuk mengakhiri perang antara kedua negara. Pesan ini disampaikan Imam Besar al-Ahzar dalam sebuah pernyataan yang dirilis dalam bahasa Arab dan Inggris.

Sheikh Ahmed El-Tayyeb juga meminta para pemimpin dunia dan lembaga internasional untuk mendukung solusi damai atas konflik tersebut. Dia menekankan perang hanya akan membawa lebih banyak pembunuhan, kehancuran, dan kebencian ke dunia.

Baca Juga

"Perbedaan hanya dapat diselesaikan melalui dialog," kata El-Tayyeb, dilansir di Abna 24, Sabtu (27/2/2022).

Ia mengungkapkan sudah banyak pemimpin dunia, termasuk para pemimpin agama, telah meminta Moskow dan Kiev untuk menyelesaikan masalah mereka secara diplomatis. Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis mengumumkan peluncuran operasi penyerangan ke Ukraina.

 

Operasi penyerangan tersebut untuk menghilangkan apa yang disebutnya sebagai ancaman serius bagi negaranya, dengan alasan perlunya "denazifikasi" Ukraina. Rusia menuduh kepemimpinan Ukraina yang didukung Barat melakukan genosida terhadap penutur bahasa Rusia di Ukraina timur.

Negara-negara Barat telah mengumumkan rentetan sanksi terhadap Rusia, termasuk memasukkan bank-banknya ke daftar hitam dan melarang ekspor teknologi. Tetapi mereka telah berhenti memaksanya keluar dari sistem SWIFT untuk pembayaran bank internasional, karena itu akan merugikan ekonomi mereka sendiri. Sementara itu, di PBB, Rusia memveto rancangan resolusi Dewan Keamanan yang menyesalkan operasinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement