Rabu 02 Mar 2022 01:00 WIB

Jenis Olahraga Ini Perlu Dihindari Pengidap Hipertensi: Bisa Bikin Tekanan Darah Naik

Aktivitas berolahraga juga ada yang dapat membahayakan pengidap hipertensi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Olahraga (ilustrasi). Ada beberapa jenis olahraga yang sebaiknya dihindari pengidap hipertensi  karena dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat.
Foto: Pixnio
Olahraga (ilustrasi). Ada beberapa jenis olahraga yang sebaiknya dihindari pengidap hipertensi karena dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian besar jenis olahraga akan meningkatkan tekanan darah dalam jangka pendek. Akan tetapi, ada beberapa jenis olahraga yang bisa berisiko membahayakan bagi pengidap hipertensi alias tekanan darah tinggi.

Secara umum, orang yang memiliki tekanan darah sebesar 180/100 mmHg atau lebih tinggi harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba melakukan olahraga baru. Sementara itu, aktivitas fisik sebenarnya dapat membantu untuk orang dengan tekanan darah tinggi sebesar 140/90 mmHg atau lebih.

Baca Juga

Terlepas dari itu, Blood Pressure UK mengungkapkan ada beberapa jenis olahraga yang sebaiknya diwaspadai atau dihindari bila memiliki tekanan darah yang tidak terkontrol. Alasannya, olahraga-olahraga tersebut bisa meningkatkan tekanan darah dengan cepat.

Salah satu jenis olahraga tersebut adalah olahraga intens yang dilkukan dalam waktu singkat. Beberapa contohnya adalah lari cepat serta angkat beban.

"Olahraga-olahraga itu meningkatkan tekanan darah Anda dengan sangat cepat serta memberikan terlalu banyak tekanan pada jantung dan pembuluh darah Anda," jelas Blood Pressure UK, seperti dilansir Express.co.uk, Selasa (1/3/2022).

Jenis olahraga lain yang juga patut diwaspadai adalah olahraga ekstrim. Sebagian di antaranya ialah scuba diving dan terjun payung. Dapatkan sertifikat medis dari dokter terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga ekstrim.

Ada pula aktivitas fisik lain yang sebaiknya dihindari oleh pengidap hipertensi demi mencegah serangan jantung. Aktivitas fisik tersebut adalah olahraga squash.

Meski beberapa jenis olahraga bisa berisiko membahayakan, ada pula jenis olahraga yang bisa membantu menurunkan tekanan darah pengidap hipertensi. Olahraga tersebut adalah olahraga aerobik seperti bersepeda, jalan cepat, berenang, menari, berkebun, tenis, dan lari santai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement