Kamis 03 Mar 2022 13:00 WIB

Ekspatriat Gambarkan Cinta Arab Saudi Melalui Karya Seni

Ekspatriat Gambarkan Cinta Arab Saudi Melalui Karya Seni.

Rep: Dessy Susilawati/ Red: Muhammad Hafil
Ekspatriat Gambarkan Cinta Arab Saudi Melalui Karya Seni
Foto: Arab News
Ekspatriat Gambarkan Cinta Arab Saudi Melalui Karya Seni

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Untuk menghormati The Founding Day Arab Saudi, 20 seniman perempuan dari India, Pakistan, Sri Lanka, Mesir dan Yaman berkumpul untuk menunjukkan cinta dan apresiasi mereka terhadap Arab Saudi melalui media seni.

Pameran Saudi Arabia in Their Eyes diadakan oleh Saudi Arabian Society for Culture and Arts yang diresmikan oleh mantan direktur jenderal Kementerian Kebudayaan dan Informasi di wilayah Makkah dan Mohammed Al-Subaih, direktur SASCA.

Baca Juga

Acara ini menarik banyak orang yang menyaksikan karya seni yang mendokumentasikan warisan Arab Saudi dan loyalitas seniman internasional ke rumah kedua mereka.

Berbicara kepada Arab News, kurator pameran, Moona Mohammed, mengatakan acara tersebut bertujuan untuk mengekspresikan cinta melalui interpretasi aktual dari kepemilikan Arab Saudi.

"Kami merasa sangat terhormat diundang oleh Saudi Arabian Society for Culture and Arts yang terhormat untuk menampilkan bakat kami pada kesempatan The Founding Data Saudi," ujarnya seperti dilansir dari laman Arab News, Selasa (1/3/2022).

Ini memberi mereka kesenangan yang luar biasa untuk dapat mengungkapkan cinta dan dedikasi. Serta penghargaan mereka untuk negara yang disebut rumah, jauh dari rumah mereka.

"Kami berterima kasih kepada Arab Saudi dan rakyatnya karena mengizinkan kami menjadi bagian dari negara dan kehidupan mereka dan karena memberi kami peluang dalam visi dan pengembangan mereka di tanah yang besar ini.”

Moona, dari India, telah tinggal di Arab Saudi selama sepuluh tahun. “Dan pada kesempatan ini kami ingin mengambil kesempatan untuk mewakili Arab Saudi melalui mata kami sebagai seorang seniman, kami bersyukur kepada Allah atas kehidupan yang melimpah yang telah kami habiskan di sini,” ujarnya.

“Ini adalah inisiatif besar dari para ekspatriat untuk menunjukkan cinta mereka kepada negara ini melalui karya seni kreatif mereka. Seni tidak mengenal tanah air, kebangsaan, atau warna kulit, tetapi seniman sejati adalah yang bisa mengeluarkan apa yang ada di dalam dirinya," tambah tamu terhormat, Saud Al-Shiekhi.

“Apa yang saya lihat hari ini adalah seni rupa yang sebanding dengan karya internasional.”

Artis Rehan Aziz, yang merupakan keturunan India, menyelesaikan gambar untuk putra mahkota, Visi 2030 dan pemandangan terkenal dari berbagai bagian Arab Saudi.

Ia mengatakan lukisan itu adalah ekspresi cintanya pada negara uang menampilkan budaya dan warisan Arab Saudi. Ditanya mengapa dia melakukan ini untuk Arab Saudi, artis berusia 22 tahun itu berkata, "Karena saya lahir di sini, saya mencintai negara ini, mencintai orang-orangnya, dan ingin tinggal di sini selamanya."

Terinspirasi oleh pertunjukan udara Saudi selama perayaan hari nasional, Alyza Khan yang berusia 13 tahun berpartisipasi dengan lukisan pesawat Saudi Arabian Airline. Ayahnya, Kapten Mohammed Tariq Khan, yang telah bekerja untuk Saudi Arabia Airlines sebagai pilot selama sepuluh tahun terakhir mengatakan,“Putri saya suka pergi ke Corniche untuk menonton Saudi Air Show dan dia berharap untuk membuat lebih banyak lukisan tentang Arab Saudi yang kami cintai sebagai keluarga.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement