Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Eva Nurliana, S.Pd

Kenapa Adab di Atas Ilmu?

Eduaksi | Thursday, 03 Mar 2022, 01:22 WIB
Dokpri. Sesi belajar kelompok smansa meulaboh.2022

Selalu saja ada pertanyaan tentang keutamaan adab di atas ilmu. Walaupun secara pintas, seakan adab itu datang setelah ilmu.

Di sini ada beberapa alasan kenapa adab lebih utama dari ilmu:

1. Adab ibarat benih ilmu, darinya cabang cabang ilmu berkembang.

2. Adapun amal setelah ilmu juga bagian dari adab seorang yang menuntut ilmu. Sebagaimana kita tahu, buah ilmu adalah amal.

3. Adab merupakan bagian dari kehalusan budi dan rasa, yang umumnya bisa datang secara naluri, seperti menghargai, murah hati, menghormati, tanpa melalui studi ilmiah yang panjang dan sintesa sintesa.

4. Adab bisa dimulai kapan saja dan oleh siapa saja, sedangkan ilmu ada metodologi dan waktu periodeisasi dalam pengamalanannya.

5. Ilmu mungkin saja berlaku temporer dan pada lokal tertentu. Sedangkan adab, relatif jadi ukuran awal dalam satu pergaulan.

Demikian sekelumit tentang refleksi personal perihal Adab di Atas Ilmu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image