Jumat 04 Mar 2022 18:59 WIB

Gus Aiz Apresiasi Roadmap Penguatan Peran Masjid Kemenag

Kemenag telah menyusun peta jalan (roadmap) penguatan masjid.

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)  Aizzudin Abdurrahman atau akrab disapa Gus Aiz.
Foto: istimewa
Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Aizzudin Abdurrahman atau akrab disapa Gus Aiz.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama telah menyusun peta jalan (roadmap) penguatan masjid.  Hal ini disambut baik Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang juga cucu pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari, Aizzudin Abdurrahman yang akrab disapa Gus Aiz.

"Langkah-langkah Gus Yaqut sudah tepat, tidak ada yang salah dengan kebijakannya selaku Menteri Agama. Justru ada banyak hikmah yang dapat kita ambil dan menyadarkan kita semua bahwa Kesatuan Negara Republik Indonesia (NKRI) sangat fundamental harus kita  jaga bersama. Kita menjadi tahu, kelompok mana saja dan faham apa saja yang mengancam kedaulatan bangsa ini," kata Gus Aiz dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/3/2022).

Baca Juga

Penguatan peran masjid, lanjut Gus Aiz, sudah sangat tepat, selain sebagai pusat ibadah mahdloh atau yang ditentukan tapi juga kegiatan-kegiatan ghoiru mahdhoh bagi masyarakat sekitar yaitu ibadah yang mendatangkan kebaikan dilakukan dengan keikhlasan, bukan untuk melakukan provokasi atau pun kegiatan lain yang dapat menimbulkan keresahan bagi masyarakat. 

"Di sini pentingnya ibadah sekaligus mempertebal nasionalisme kita kepada bangsa dan negara, karena ketika ketentraman dan kenyamanan bermasyarakat semakin kuat, bersujud dan ibadah apapun semakin khusyuk dan nikmat, ini juga bagian dari upaya kita bersyukur atas segala anugerah dan karunia Allah SWT," ungkap Cucu Pendiri NU.

Dalam menghadapi berbagai tantangan bahkan ancaman dibutuhkan kesabaran dan kecerdasan sehingga tidak mudah terprovokasi. "Oleh karenanya dibutuhkan kearifan, kesabaran dan kecerdasan bersama dalam menilai dan menghadapi ancaman-ancaman sesungguhnya kebangsaan kita, untuk tidak terprovokasi konflik sosial," pungkas Gus Aiz

Sebelumnya,  Kementerian Agama telah membuat peta jalan (roadmap) penguatan peran masjid yang akan menjadi salah satu program prioritas demi mewujudkan masjid sebagai pusat peradaban umat Islam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement