Anggota DPR akan Dorong Percepatan Listrik dan Akses Internet di Wilayah Adat Meepago

Butuh dukungan masyarakat agar jaringan listrik dan akses internet bisa lancar

Sabtu , 05 Mar 2022, 03:02 WIB
 Anggota Komisi I DPR, Yan Permenas Mandenas, mengatakan akan mendorong percepatan pembangunan instalasi jaringan listrik dan akses internet di wilayah adat Meepago, Papua.
Foto: Dok DPR
Anggota Komisi I DPR, Yan Permenas Mandenas, mengatakan akan mendorong percepatan pembangunan instalasi jaringan listrik dan akses internet di wilayah adat Meepago, Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi I DPR, Yan Permenas Mandenas, mengatakan akan mendorong percepatan pembangunan instalasi jaringan listrik dan akses internet di wilayah adat Meepago, Papua. Ia ingin hal tersebut bisa selesai semua pada tahun ini.

"Sebenarnya, instalasi jaringan listrik dan akses internet sudah dikerjakan PLN, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Telkom dan Telkomsel di Paniai. Namun, itu belum semuanya jangan hanya di kota saja tapi desa-desa juga seperti wilayah Dogiyai dan Nabire juga," katanya saat berkunjung ke Paniai, Papua pada Jumat (4/3/2022).

Baca Juga

Kemudian, ia melanjutkan butuh dukungan masyarakat agar jaringan listrik dan akses internet dari PLN, Telkom, Telkomsel bisa lancar di Paniai dan desa lainnya. Jika semuanya lancar nantinya masyarakat bisa berjualan hasil-hasil pertanian dan peternakannya lewat media daring.

Ia menambahkan kerja sama pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat penting untuk percepatan pembangunan  listrik dan akses internet. Hal ini merupakan salah satu percepatan yang harus dipersiapkan oleh pemerintah khususnya di daerah-daerah 3T seperti di Papua.

"Saya berharap masyarakat menjaga fasilitas yang sudah diberikan. Kerja sama yang cepat PLN, Kominfo, Telkom dan Telkomsel serta Pemerintah Daerah Kabupaten Paniai bisa menjadi contoh bagi Kabupaten lainnya di Papua sehingga masyarakat bisa merasakan manfaatnya," kata dia.