Jumat 04 Mar 2022 23:21 WIB

Ilmuwan Temukan Benua di Wilayah Turki yang Hilang 40 juta tahun

Pulau di Turki yang berusia berhasil ditemukan dan diberi nama

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Peta Turki. Pulau di Turki yang berusia berhasil ditemukan dan diberi nama
Foto: BBC
Peta Turki. Pulau di Turki yang berusia berhasil ditemukan dan diberi nama

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA – Tim ilmuwan yang terdiri dari ilmuwan Turki, Amerika Serikat, dan Prancis telah menemukan benua yang didominasi Turki yang menghilang sekitar 40 juta tahun yang lalu. 

Tim telah menamai benua itu dengan nama "Balkanatolia" atau "Balkanadolu" dalam bahasa Turki, karena mencakup Balkan dan Anatolia. 

Baca Juga

Penulis penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Earth Science Review menjelaskan, benua Balkanatolia mungkin telah memungkinkan mamalia Asia, yang sebelumnya telah dipisahkan dari benua tetangga, untuk menjajah Eropa sekitar 34 juta tahun yang lalu. 

Menurut tim tersebut, sebagaimana dilansir Daily Sabah, Jumat (4/3), glasiasi besar 34 juta tahun yang lalu kemungkinan menyebabkan pembentukan lapisan es Antartika, menyebabkan permukaan laut turun dalam proses dan menghubungkan Balkanatolia ke Eropa barat. 

Setelah itu, lebih dari dua pertiga mamalia di Afrika dan Jazirah Arab menghilang selama transisi Eosen-Oligosen yaitu 55 hingga 34 juta tahun lalu, yang ditandai dengan pendinginan global dan penurunan permukaan laut. 

Juga di Eurasia, dampak lingkungan global ini menyebabkan kepunahan massal organisme laut, tumbuhan, dan hewan darat, yang dikenal sebagai "Grande Coupure." 

Selama jutaan tahun selama zaman Eosen, Eropa Barat dan Asia Timur membentuk dua daratan yang berbeda dengan fauna mamalia yang sangat berbeda. 

Misalnya, hutan Eropa adalah rumah bagi fauna asli seperti Palaeotheres, kelompok punah yang berkerabat jauh dengan kuda modern tetapi lebih mirip dengan tapir modern, sementara Asia memiliki fauna yang lebih beragam, termasuk keluarga mamalia yang saat ini ditemukan di kedua benua. 

Dalam peristiwa yang disebut Grande Coupure, sekitar 34 juta tahun yang lalu, Eropa barat dijajah oleh spesies Asia kemudian, yang menyebabkan pembaruan besar-besaran fauna vertebrata dan kepunahan mamalia asli. Namun, fosil yang ditemukan di Balkan menunjukkan kolonisasi sebelumnya, di mana mamalia Asia ditemukan di Eropa selatan antara 5 dan 10 juta tahun sebelum Grande Coupure, membingungkan para ilmuwan. 

Tim ahli paleontologi dan geologi Prancis, Amerika Serikat dan Turki, yang dipimpin oleh peneliti dari Pusat Penelitian Ilmiah Nasional (CNRS), berpikir mereka telah menemukan jawabannya. Para ilmuwan telah menemukan lapisan fosil baru di Turki, yang disebut Büyükteflek, berusia 38 hingga 35 juta tahun. 

Rumah bagi mamalia asal Asia, tempat tidur ini memiliki fosil paling awal yang pernah ditemukan di Anatolia. Selain itu, para peneliti menemukan fragmen rahang brontotheres, hewan yang mirip dengan badak besar yang mati pada akhir Eosen, di daerah tersebut. 

Hal ini membuat para ilmuwan menyimpulkan bahwa Balkanatolia dijajah oleh mamalia Asia sekitar 40 juta tahun yang lalu sebagai akibat dari perubahan geografis yang belum sepenuhnya dipahami. 

Akibatnya, kata para peneliti, sekitar 6 juta tahun kemudian, glasiasi besar menurunkan permukaan laut, menghubungkan Balkanatolia ke Eropa barat dan memungkinkan mamalia Asia menjajah benua itu, kata studi tersebut. 

"Kami menunjukkan bahwa peristiwa penyebaran ini mungkin menandai transformasi fauna di Eropa barat yang mendahului Grande Coupure, dan oleh karena itu menunjukkan bahwa sejarah spesies dimulai pada awal Eosen tengah dari rute selatan Eurasia," tulis penelitian tersebut. 

Sumber: dailysabah   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement