Catatan Muslimah Tatar Krimea Mengenai Perang Ukraina Hari Kesembilan

Politik  
Suasana lingkungan yang sepi tempat Zakhida mengantre untuk membeli bahan makanan [Courtesy of Zakhida Adylova]
Suasana lingkungan yang sepi tempat Zakhida mengantre untuk membeli bahan makanan [Courtesy of Zakhida Adylova]

Zakhida Adylova, 35, adalah seorang guru bahasa dan produser untuk acara bincang-bincang politik yang tinggal di ibukota Ukraina, Kyiv.

Dia adalah Tatar Krimea, etnis minoritas Muslim yang dideportasi paksa dari tanah air mereka, Semenanjung Krimea, ke Uzbekistan pada tahun 1944 di bawah perintah Joseph Stalin. Pada 1993, Zakhida kembali dari pengasingan bersama keluarganya ke Krimea, Ukraina. Kemudian pada tahun 2014, dia dan putrinya terpaksa meninggalkan rumah mereka di Krimea menuju Kyiv setelah Rusia mencaplok semenanjung itu. Ibu Zakhida bergabung dengan mereka setahun kemudian. Hari ini, ketiganya kembali menghadapi invasi Rusia, berlindung di kamar mandi dan koridor apartemen mereka. Zakhida telah membuat buku harian sejak perang dimulai. Ini dia akunnya mulai hari ini.

Hari 9: 4 Maret 2022 – 'Saya takut dengan apa artinya penyerangan dan penangkapan di pembangkit listrik bertenaga nuklir.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

07:00: Suasana hati saya biru. Tidak ada yang membuatku tersenyum. Hati saya berdarah untuk mengetahui tentang perebutan pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia oleh Rusia. Ini berita suram.

9 pagi: Dengan penyitaan pembangkit listrik hari ini, saya teringat akan kecelakaan di Chernobyl pada 26 April 1986, yang menewaskan sekitar 30 orang dalam ledakan itu dan membuat ribuan orang lainnya terkena radiasi. Ketika saya lahir setahun setelah bencana nuklir terburuk di dunia, saya mempelajarinya di sekolah.

Hari ini, saya takut apa artinya penangkapan pembangkit listrik. Saya takut Rusia dapat meledakkan stasiun itu atau mungkin menggunakannya untuk keuntungannya dan memeras komunitas internasional.

Yang Mahakuasa, tolong selamatkan Ukraina dan tanah air kami. Mari kita menjadi berani dan kuat.

Pembangkit listrik bertenaga nuklir di Ukraina
Pembangkit listrik bertenaga nuklir di Ukraina

10.20: Saya menunggu dalam antrian besar untuk giliran saya memasuki toko kelontong. Saya ingin membeli beberapa barm untuk roti ragi. Saya melihat kelelahan dan kesedihan di mata orang-orang. Orang-orang pasti gugup dan takut tentang masa depan yang tidak diketahui.

Saat mengambil beberapa gambar jalan yang kosong, salah satu wanita di barisan meneriaki saya. Dia menyebut saya "mata-mata" dan mengancam akan memanggil unit Pertahanan Teritorial. Dia pucat dan histeris. Saya merasakan agresinya. Tapi aku tidak takut padanya.

Gambar-gambar yang saya ambil saya bagikan dengan teman-teman saya dan media yang saya gunakan untuk berkomunikasi untuk memberi tahu mereka tentang apa yang saya lihat di sekitar saya. Wanita itu berteriak sebentar tetapi kemudian berhenti setelah saya mengabaikannya dan tidak melarikan diri.

Pada akhirnya, tidak ada barm, tetapi ada beberapa di rumah yang digunakan ibu saya.

1 siang: Saya menggali mesin roti saya dan itu berfungsi. Sangat indah! Mari kita memanggang roti.

15:00: Aroma roti buatan sendiri yang baru dipanggang memenuhi seluruh dapur. Saya kira saya bukan juru masak yang buruk jika saya berhasil membuat roti yang begitu enak. Saya yakin saya terakhir memanggang roti 10 tahun yang lalu, tapi itu karena keinginan untuk mencoba membuatnya. Hari ini, saya membuat roti karena tidak ada yang bisa dibeli.

Tanpa roti untuk dibeli, hari ini Zakhida membuat rotinya sendiri [Courtesy of Zakhida Adylova]
Tanpa roti untuk dibeli, hari ini Zakhida membuat rotinya sendiri [Courtesy of Zakhida Adylova]
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image