Senin 07 Mar 2022 20:48 WIB

Damkar Evakuasi Ular Piton 5 Meter di Belakang Politeknik Negeri Padang

Evakuasi ular piton tersebut berdasarkan laporan dari masyarakat.

Rep: Febrian Fachri / Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi warga memegang ular piton yang berhasil ditangkap. Damkar Evakuasi Ular Piton 5 Meter di Belakang Politeknik Negeri Padang
Foto: Antara/Abriawan Abhe
Ilustrasi warga memegang ular piton yang berhasil ditangkap. Damkar Evakuasi Ular Piton 5 Meter di Belakang Politeknik Negeri Padang

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang mengevakuasi ular jenis piton di belakang kampus Politeknik Negeri Padang, Ahad (6/3/2022). Kabid Operasi Sarana dan Prasarana Dinas Damkar Kota Padang Sutan Hendra mengatakan evakuasi ular piton tersebut berdasarkan laporan dari masyarakat.

"Kami dapat laporan dari warga ada penemuan ular di belakang Kampus Politeknik Negeri Padang," kata Sutan melalui siaran pers yang diterima Republika, Senin (7/3/2022).

Baca Juga

Setelah mendapat laporan tersebut, Tim Animal Rescue Dinas Damkar meninjau  ke lokasi dan mengevakuasi ular piton tersebut. 

Ular itu diperkirakan panjang sekitar lima meter. Sutan menyebut tidak ada keganasan dari binatang melilit tersebut. Setelah dievakuasi, ular piton tersebut diserahkan kepada Komunitas Pecinta Reptil Kota Padang untuk penanganan lebih lanjut.

Sutan juga mengimbau kepada masyarakat apabila menemukan hewan liar agar segera melaporkannya kepada Dinas Damkar untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Ular piton atau ular sanca tersebar luas di daerah beriklim panas dan tropis Afrika, Asia, dan Australia. Salah satu spesies sanca, yaitu sanca kembang (Malayopython reticulatus) merupakan ular terpanjang di dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement