Selasa 08 Mar 2022 11:30 WIB

Pondok Pesantren Budi Mulia Yogyakarta Buka Pendaftaran Santri Baru

Pondok Pesantren Budi Mulia Yogyakarta menerima santri baru Angkatan XVI.

Pondok Pesantren Budi Mulia Yogyakarta Buka Pendaftaran Santri Baru.
Foto: DOK IST
Pondok Pesantren Budi Mulia Yogyakarta Buka Pendaftaran Santri Baru.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pondok Pesantren Budi Mulia (PPBM) Yogyakarta membuka penerimaan santri baru untuk menyambut tahun ajaran 2022/2023. Direktur PPBM Yogyakarta Ustaz Fathurrahman Kamal Lc MSI mengatakan, pendaftaran dilakukan melalui daring maupun luring hingga tanggal 18 Maret 2022.

“Alhamdulillah, tahun ini kami menerima santri baru,” kata Ustaz Fathurrahman kepada Republika, Selasa (8/3/2022).

Baca Juga

Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah itu menjelaskan, PPBM berdiri sejak 1983 dengan tujuan mendidik generasi yang cendekia dan berakhlak mulia. Hingga kini, pesantren yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Shalahuddin itu telah meluluskan sebanyak 15 angkatan. 

photo
Aktivitas perkuliahan di PPBM Yogyakarta. - (DOK IST)

Para pengajar di PPBM Yogyakarta merupakan akademisi terkemuka level nasional maupun internasional. Mereka umumnya berasal dari kampus-kampus ternama di DIY dan sekitarnya. 

 

Di antara asatidz pesantren tersebut ialah Prof dr Ali Ghufron Mukti, Prof Mahfud Sholihin, Ustaz Dr Sus Budiharto, Ustaz Fahmi Irfanuddin, Ustaz Dr Sudarmaji, Ustaz Dr Okrizal Eka Putra, Ustaz Drs Muhsin Hariyanto, dan masih banyak lagi.

Selain itu, PPBM Yogyakarta juga memiliki sejumlah dosen tamu, seperti Prof Ir Agus Setyo, Prof Drs Agus Purwanto, Dr Lukman Hakiem, Dr Syamsuddin Arif, Dr Adian Husaini, Dr Tiar Anwar Bachtiar, Iwan Setiawan PhD, dan lain-lain. 

Selama empat semester atau dua tahun, para santri menerima beragam materi perkuliahan terkait ilmu-ilmu keislaman, kecendekiaan, maupun umum. Beberapa matakuliah di sana adalah Adab, Akidah atau Islamic Worldview, Ulumul Qur’an, Ulumul Hadits, Ushul Fiqih, dan Maqashid Syariah. 

Seluruh santri PPBM juga dibekali pelatihan bahasa Arab, bahasa Inggris, serta fikih sirah, dakwah, dan kontemporer. Ada pula pelbagai pelatihan, semisal kepemimpinan profetik, jurnalistik media baru, serta Technopreneurship

photo
Pondok Pesantren Budi Mulia Yogyakarta - (DOK IST)

Secara rutin, PPBM Yogyakarta menggelar berbagai kajian dan pengabdian masyarakat, semisal Pengajian Iktikaf Ramadhan, Pesantren Anak dan Remaja, Majelis Cahaya Iman, Kapita Selecta Dakwah, dan pemberdayaan desa binaan.

Untuk menjadi seorang santri PPBM, pendaftar harus berstatus mahasiswa aktif. Calon santri dapat mengisi formulir pendaftaran melalui tautan bit.ly/DaftarPPBM. Berkas-berkas yang diperlukan adalah surat izin orang tua/wali, pas foto berwarna, serta pindaian atau fotokopi KTP. 

“Untuk tahun ini, kami menerima kuota sebanyak 40 mahasiswa,” ucap Ustaz Fathur.

Semua dokumen itu dapat dikirim melalui surel ke [email protected] atau diantarkan langsung ke Kompleks PPBM Yogyakarta, yang beralamat di Jalan Kaliurang KM 8, Perumahan Banteng 3, Jalan Argopuro 48, RT 05/RW 02, Dukuh Tiyasan, Kelurahan Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Wawancara bagi calon santri akan berlangsung pada 19-20 Maret 2022. Pengumuman hasil seleksi disiarkan melalui web resmi PPBM Yogyakarta pada 22 Maret 2022.

Bagi calon santri yang dinyatakan lolos, dapat membayar biaya pendidikan sebesar Rp 500 ribu dan SPP bulanan Rp 200 ribu.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement