Rabu 09 Mar 2022 07:45 WIB

Bandara Kertajati Semakin Aktif Layani Penerbangan Kargo

Trigana Air dan Avia Cargo kini mulai terbang dari Bandara Kertajati.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Agus Yulianto
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.
Foto: Ist
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat semakin aktif melayani penerbangan kargo. Setelah Maskapai Asia Cargo terbang dari bandara tersebut sejak Desember 2021, Maskapai Trigana Air bersama dengan Avia Cargo selaku perusahaan pengiriman dan pengangkutan barang mulai terbang dari Kertajati.

“Ini suatu gebrakan yang baik. Meski masih di tengah pandemi, sekarang setiap hari ada penerbangan di Kertajati. Bahkan, pada hari tertentu ada dua kali penerbangan kargo yang terisi penuh,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (8/3/2022). 

Budi menjelaskan, pemerintah mendukung upaya yang dilakukan stakeholder penerbangan dalam rangka menggerakan kembali industri penerbangan yang sempat terdampak pandemi. Dengan adanya kegiatan di BIJB, Budi mengharapkan, akan berdampak kepada pertumbuhan perekonomian di Jawa Barat maupun secara nasional.

 

 

photo
Pekerja menyelesaikan pembangunan asrama embarkasi haji di Indramayu, Jawa barat. Pembangunan asrama embarkasi dengan anggaran senilai Rp460 miliar tersebut ditargetkan selesai pada tahun 2024 dan diharapkan mampu menjadi sarana pendukung untuk mewujudkan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati sebagai bandara embarkasi haji. - (ANTARA/Dedhez Anggara/foc.)

 

Dia mengungkapkan, di Jawa Barat ada daerah Cirebon, Patimban, dan Majalengka yang merupakan segitiga strategis yang memiliki potensi untuk dikembangkan untuk menciptakan titik-titik ekonomi baru. “Pelabuhan Patimban sudah kita bangun, dan ditargetkan ada lebih dari 160 ribu ekspor kendaraan tahun ini. Jadi jangan ragu untuk melakukan kegiatan kargo di sini. Ini akan membuka lapangan pekerjaan yang banyak di sini,” ujar Budi.

BIJB tengah disiapkan menjadi pusat kegiatan logistik dan pemeliharaan pesawat, selain menjadi tempat embarkasi dan debarkasi haji dan umroh. Untuk mendukung BIJB menjadi pusat kegiatan logistik, di bandara ini tengah dilakukan beberapa pengembangan e-commerce hub dan optimalisasi penerbangan kargo.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement