Sabtu 12 Mar 2022 05:25 WIB

Tips Bagi Mualaf Menyesuaikan Diri dengan Sholat Lima Waktu

Bagi mualaf, memulai perjalanan sholat akan membawa manfaat yang besar.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Sholat. Tips Bagi Mualaf Menyesuaikan Diri dengan Sholat Lima Waktu
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Sholat. Tips Bagi Mualaf Menyesuaikan Diri dengan Sholat Lima Waktu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi mereka yang baru memeluk Islam atau mualaf, menjalankan sholat ima waktu adalah tantangan tersendiri. Perlu membiasakan diri untuk melakukannya.

Bagaimana agar mualaf mudah menyesuaikan diri dengan rutinitas sholat lima waktu setiap hari? Idris Tawfiq mengungkapkan berdasarkan pengalamannya sendiri sebagai seorang mualaf.

Baca Juga

Idris adalah seorang penulis, penceramah, dan konsultan asal Inggris. Sebelum memeluk Islam, ia adalah seorang imam Katolik Roma. Idris meninggal pada Februari 2016 di Inggris setelah sempat sakit. 

Menurut Idris, hal itu tentu tidak mudah dan ia butuh waktu untuk membiasakan diri. Idris lantas memberikan tips agar sholat menjadi terbiasa bagi seorang mualaf. Ketika pada awalnya tidak merasa begitu bersemangat untuk bangun dan melaksanakan sholat di waktu subuh, tetaplah melakukannya setiap hari. Menurutnya, rutinitas itu pada akhirnya akan menjadi kebiasaan.

"Dengan melakukan hal-hal baik kita menjadi orang baik. Rutinitas sholat akan menjadikanmu Muslim yang lebih baik," ujar Idris, dilansir di About Islam.

Idris kemudian memberikan tips sederhana untuk menjadikan sholat lima waktu sebagai bagian dari rutinitas harian. Ketika merasa sulit bangun untuk sholat subuh, ia menyarankan membeli jam alarm yang berbunyi keras, lalu meletakkannya jauh dari jangkauan. Sehingga, kita akan terpaksa bangun untuk mematikannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement