AlUla Pecahkan Rekor Pertunjukan Balon Udara Panas Terbesar di Dunia

Jumat , 11 Mar 2022, 21:03 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Ani Nursalikah
Festival langit AlUla Moments yang bekerja sama dengan SAHAB (Federasi Balon Arab Saudi) telah memecahkan gelar Guinness World Records untuk Pertunjukan Cahaya Balon Udara Panas Terbesar di Dunia.
Festival langit AlUla Moments yang bekerja sama dengan SAHAB (Federasi Balon Arab Saudi) telah memecahkan gelar Guinness World Records untuk Pertunjukan Cahaya Balon Udara Panas Terbesar di Dunia.

IHRAM.CO.ID, ALULA --  Festival langit AlUla Moments yang bekerja sama dengan SAHAB (Federasi Balon Arab Saudi) telah memecahkan gelar Guinness World Records untuk Pertunjukan Cahaya Balon Udara Panas Terbesar di Dunia.

 

Terkait

Rekor tersebut ditetapkan pada 1 Maret 2022 dan berlokasi di dekat Hegra, Situs Warisan Dunia UNESCO pertama di Arab Saudi. Situs ini terkenal dengan lebih dari 100 makam Nabatea berukir yang menampilkan lebih dari 2.000 tahun prasasti dan simbol yang terpelihara dengan sangat baik di pegunungan batu pasir.

Baca Juga

Dilansir di Saudi Gazette, Jumat (11/3/2022), sebanyak 142 balon yang menyala terang disatukan dalam pertunjukan di atas situs kuno yang mencerahkan langit dan menerangi lanskap gurun yang dipenuhi bebatuan. Rekor sebelumnya juga diraih di AlUla, pada festival seni dan budayanya, Winter at Tantora, pada 2019. Kala itu, festival dimeriahkan dengan 100 balon.

Acara tersebut diikuti dengan  penandatanganan nota kesepahaman antara Royal Commission for AlUla (RCU) dan Saudi Arabian Ballooning Federation (SAHAB) pada 1 Maret 2022. Hal itu menjadikan AlUla sebagai ibu kota kegiatan balon Udara Panas di Kerajaan Arab Saudi.

Pertunjukan Cahaya Balon Udara Panas Terbesar di Dunia pada Maret 2022 adalah bagian dari AlUla Skies, sebuah festival baru dalam kalender acara AlUla Moments. Festival ini mencakup pengalaman balon matahari terbit dan terbenam dengan sekitar 150 balon setiap pagi mengambang dengan tenang di atas situs kuno yang menakjubkan tersebut.

Ini bukan kali pertama AlUla memecahkan rekor dunia. Maraya, tempat konferensi dan hiburan serba guna, juga memegang gelar Guinness World Records untuk Bangunan Cermin Terbesar di Dunia. Maraya menampilkan cermin seluas 9.740 Meter Persegi, menciptakan fatamorgana menakjubkan yang mencerminkan pegunungan dan bentangan pasir dari Lembah Ashar (Ashar Valley).

Sementara itu, kalender acara musim dingin AlUla Moments dirancang untuk menawarkan pengalaman seni, musik, dan budaya yang menarik dan otentik yang terinspirasi oleh tanah peradaban. Acara dilanjutkan dengan festival AlUla Wellness dan Arts AlUla yang berlangsung hingga akhir Maret 2022.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini