Jumat 11 Mar 2022 21:18 WIB

Kota Makkah Sering Macet, Begini Inovasi Baru Arab Saudi

Penduduk di Makkah mengandalkan mobil untuk transportasi sehingga menyebabkan macet.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Transportasi umum bus di Makkah, Arab Saudi. Kota Makkah Sering Macet, Begini Inovasi Baru Arab Saudi
Foto: Arab News
Transportasi umum bus di Makkah, Arab Saudi. Kota Makkah Sering Macet, Begini Inovasi Baru Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Kemacetan dan keterlambatan lalu lintas di Makkah mungkin akan segera berlalu berkat inisiatif besar transportasi umum dan penggunaan berbagai solusi terbaru. Beberapa inovasi yang dilakukan seperti perluasan jaringan bus umum yang teruji mampu meningkatkan arus lalu lintas di kota suci.

Penduduk di Makkah telah lama mengandalkan mobil untuk transportasi sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas di jalan-jalan utama dan penundaan yang mengganggu. Namun, solusi ini telah diuji dan memberikan hasil yang disebut memuaskan. 

Baca Juga

Dilansir dari Arab News, Kamis (10/3/2022). sistem tersebut masih dalam tahap uji coba, beroperasi pada rute tetap sesuai dengan jadwal yang telah diatur sebelumnya yang dipantau oleh Komisi Kerajaan untuk Kota Makkah dan dua tempat  Suci.

Sementara itu, proyek transportasi umum Makkah bertujuan memperkenalkan solusi cerdas untuk mengatasi masalah lalu lintas saat bekerja dengan pihak berwenang untuk meningkatkan kualitas layanan. Proyek ini merupakan bagian dari Program Doyof Al-Rahman, sebuah prakarsa layanan jemaah haji yang diluncurkan di bawah payung Visi Saudi 2030.

Rayan Al-Hazmi, perwakilan RCMC untuk proyek bus Makkah mengatakan, skema tersebut akan memainkan peran kunci dalam meningkatkan arus lalu lintas di Makkah dengan mengurangi penggunaan mobil pribadi oleh penduduk dan pengunjung di kota. “Makkah menghadapi tantangan khusus ketika memperkenalkan transportasi umum berkualitas tinggi,” kata Al-Hazmi kepada Arab News.

“Untuk memastikan kami memiliki tingkat layanan yang lebih baik, kami telah memberikan pertimbangan khusus pada kepadatan jaringan (berapa banyak jalur atau koridor), jenis layanan (jalur layanan, bus lokal atau rute ekspres full-stop, layanan skip-stop), harga dan struktur tarif,” katanya.

Jadwal dan frekuensi layanan, kecepatan jalur, jenis bus, serta kenyamanan dan kemudahan di dalam kendaraan juga menjadi pertimbangan utama. Al-Hazmi mengatakan pola pemberhentian yang berbeda akan disediakan untuk layanan ekspres untuk mengurangi waktu perjalanan untuk perjalanan jauh.

Layanan ini dapat diintegrasikan dengan layanan lokal melalui lokasi persimpangan yang direncanakan dengan cermat, seperti integrasi Jalur 7A dari Stasiun Kecepatan Tinggi Al-Haramain dan area pusat Makkah, di mana penumpang dapat menggunakan empat stasiun utama di kota untuk bernavigasi antara  berbagai baris.

“Sebagai bagian dari proyek, perbaikan lebih lanjut akan diberikan beberapa sinyal lalu lintas di Mekah untuk memastikan bus umum mendapat prioritas. Selain itu, kami akan memiliki informasi penumpang secara real time di halte bus dan memungkinkan operator mana pun untuk memenuhi standar kualitas yang ditentukan untuk layanan tersebut,” kata Al-Hazmi.

Pengemudi dan personel lainnya telah menyelesaikan program pelatihan komprehensif untuk memastikan mereka mengetahui persyaratan operasional dan karakteristik khusus di Makkah. Simulator telah digunakan untuk memberikan pelatihan praktis kepada pengemudi yang ingin memenuhi standar mengemudi yang tinggi. Otoritas menguji perilaku pengemudi, interaksi dengan kendaraan yang disimulasikan (kemudi, pengereman, misalnya), interaksi dengan sistem di dalam kendaraan, dan interaksi sistem kendaraan dengan jalan raya dan lingkungan lalu lintas.

Sistem transportasi umum yang aman dan terjamin adalah salah satu tujuan utama proyek, kata Al-Hazmi. Semua halte, stasiun, dan bus dilengkapi dengan kamera CCTV yang terhubung ke pusat kendali operasi utama. Kemitraan dengan berbagai otoritas keamanan telah dibentuk untuk memastikan tanggapan dapat dikoordinasikan. 

Perencanaan dan desain jaringan dapat menjadi faktor penentu dalam keberhasilan sistem transportasi umum. Halte bus dalam jarak berjalan kaki akan memastikan jangkauan maksimum area perkotaan.

“Kami yakin dampak ekonomi dari halte bus tersebut di sepanjang berbagai rute akan diketahui oleh pemilik rumah, pengecer, dan penduduk setelah jaringan beroperasi penuh,” katanya.

Proyek transportasi bus Makkah akan menyediakan lebih dari 400 halte bus berkualitas tinggi untuk meningkatkan kenyamanan setiap calon penumpang di bandara dan di stasiun pemberhentian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement