Ahad 13 Mar 2022 16:21 WIB

Hadir di Joglosemar, Lummo Semesta Dorong Akselerasi Digital 10 ribu UMKM Lokal

Lummo Semesta merupakan program terintegrasi dari LummoSHOP.

Setelah sehari sebelumnya, Sabtu (12/3/2022) meluncurkan Lummo Semesta di Semarang dan Solo, Lummo Semesta hari ini, Ahad (13/3/2022) resmi diluncurkan di Yogyakarta untuk mendukung bisnis pelaku usaha lebih maju.
Foto: dokpri
Setelah sehari sebelumnya, Sabtu (12/3/2022) meluncurkan Lummo Semesta di Semarang dan Solo, Lummo Semesta hari ini, Ahad (13/3/2022) resmi diluncurkan di Yogyakarta untuk mendukung bisnis pelaku usaha lebih maju.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Setelah sehari sebelumnya, Sabtu (12/3/2022) meluncurkan Lummo Semesta di Semarang dan Solo, Lummo Semesta hari ini, Ahad (13/3/2022) resmi diluncurkan di Yogyakarta untuk mendukung bisnis pelaku usaha lebih maju. 

Lummo, startup lokal penyedia solusi layanan perangkat lunak penghubung bisnis pelaku usaha dan pemilik merek (brand) dengan pelanggannya (Direct to Consumer (D2C), Software as a Service (SaaS)), semakin memperkuat upaya mendorong digitalisasi pelaku usaha untuk mendukung ekosistem usaha yang adaptif di daerah dengan menghadirkan Lummo Semesta di Yogyakarta, Semarang, dan Solo (Joglosemar). 

Lummo Semesta merupakan program terintegrasi dari LummoSHOP yang memberikan pendampingan, mentorship, dan pelatihan kepada pelaku usaha agar dapat beradaptasi dan bergerak lebih cepat dalam mengembangkan usaha daringnya.

VP of Community and Merchant Success LummoSHOP, Fandy Silalahi, menyampaikan bahwa sejalan dengan semangat memperkuat kompetensi UMKM daerah, Lummo menargetkan mendorong kemajuan lebih dari 10 ribu UMKM lokal dan pebisnis yang berdaya saing dan fokus jualan online bergabung di Lummo Semesta, serta mengoptimalkan LummoSHOP untuk mendukung operasional usahanya agar lebih efisien.  

 

LummoSHOP yang merupakan produk unggulan dari Lummo, membantu pelaku usaha membuat situs web resmi tokonya melalui www.lummoshop.co.id sehingga mereka dapat mengelola operasional bisnisnya dengan lebih efektif,  membangun relasi dan menjual langsung ke pelanggannya, serta membangun merek dan identitas unik bisnis daringnya. 

Melalui LummoSHOP, pelaku usaha dan pemilik merek dapat memanfaatkan solusi teknologi seperti mengakses riwayat pembelian, pengelolaan basis pelanggan, sehingga memungkinkan mereka untuk menganalisa dan menargetkan kembali pelanggan untuk melakukan pembelian. 

Fitur lainnya yang membantu optimalisasi bisnis pelaku usaha di antaranya fitur chat commerce untuk meningkatkan komunikasi dengan pelanggan, integrasi katalog, serta membuat situs web khusus melalui fitur custom domain. 

Istimewanya, LummoSHOP memiliki fitur manajemen multi-platform, dimana pelaku usaha dan pemilik merek (brand) dapat menggunakan solusi perangkat lunak ini sebagai pusat operasional bisnis online yang memungkinkan mereka mengelola semua pesanan pelanggan dari berbagai platform belanja. 

VP Growth Lummo, Tri Sukma Anreianno, mengatakan, pihaknya memahami bahwa pelaku usaha membutuhkan lebih dari sekedar solusi teknologi untuk mengembangkan bisnisnya, namun pendampingan dan pelatihan usaha yang terintegrasi justru menjadi elemen penting untuk mempercepat on boarding pelaku usaha ke ekosistem digital seiring dengan pertumbuhan transaksi masyarakat secara daring.

"Kami siap bekerja sama dengan Dinas Koperasi di Provinsi DIY untuk mengembangkan sistem yang menopang industri berbasis keistimewaan DIY," kata Tri dalam siaran pers, Ahad.

Lummo Semesta siap mendukung misi Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menyongsong ekonomi Abad Samudera Hindia untuk kemuliaan martabat masyarakat Yogyakarta, dengan mendorong para pelaku usaha untuk naik kelas dan bertransformasi digital bersama LummoSHOP. 

Lummo Semesta akan melakukan pendampingan-pendampingan agar pelaku usaha mampu meningkatkan kualitas dan daya saing mereka dengan menonjolkan mutu produk asli Yogyakarta, dan berani mencoba berbagai peluang teknologi baru untuk pengembangan bisnis.

Berbagai program pendampingan yang dilakukan Lummo Semesta diantaranya Lummo Webinar yaitu program lokakarya daring dengan berbagai topik terkait pengembangan bisnis;  Lummo Support Partners yaitu program pendampingan usaha bersama para praktisi berpengalaman, agensi marketing untuk membantu merancang dan menjalankan campaign digital untuk mengembangkan brand, serta dinas dan lembaga pemerintahan untuk mengurus sertifikasi dan perijinan demi meningkatkan kualitas produk dan usaha; serta komunitas online LummoNation yaitu wadah untuk mengembangkan kapasitas diri dan  memperkuat jaringan dengan para pebisnis lainnya.

Saat ini, Lummo Semesta telah bekerjasama dengan beberapa lembaga dan dinas pemerintahan seperti Disperindag, KADIN, BPOM, MUI, Dinas Koperasi dan UMKM untuk mendukung daya saing pelaku usaha. Dengan bergabung di Lummo Semesta, para pelaku usaha dapat mengikuti berbagai kegiatan pelatihan pengembangan usaha seperti webinar dan kopdar yang diadakan rutin, pendampingan untuk memperoleh kemudahan di berbagai aspek usaha seperti perizinan usaha, pengembangan akses pasar, sertifikasi, dan lain-lain.  

Pendampingan ini mendapatkan sambutan dan kepercayaan yang baik oleh para pelaku usaha karena membantu mereka mengatasi tantangan usaha untuk meningkatkan skala bisnis mereka.

Sebelumnya, Lummo Semesta telah mendapatkan antusiasme yang sangat baik di Bandung dan Surabaya, dan telah berhasil menjaring lebih dari 51 ribu UMKM sejak diluncurkan akhir 2021 lalu. Peluncuran Lummo Semesta ini diharapkan dapat mereplikasi kesuksesan ini pada UMKM di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta agar dapat melahirkan semakin banyak UMKM berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement