Ahad 13 Mar 2022 21:46 WIB

Penyebab Kulit Terlihat Kusam dan Cara Mengatasinya

Penyebab kulit kusam pada setiap orang berbeda.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Penyebab kulit terlihat kusam dan cara mengatasinya. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com.
Penyebab kulit terlihat kusam dan cara mengatasinya. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kulit wajah yang kusam ternyata menjadi salah satu pertanda bahwa kulit sedang dalam keadaan tidak sehat. Dengan bertambahnya usia, terpapar polusi dan kotoran, serta pemakaian produk wajah yang tidak tepat, menjadi pemicu timbulnya berbagai permasalahan kulit wajah. 

Menurut survei yang dilakukan; 54,3 persen wanita dengan rentang usia 18 sampai 24 tahun di Indonesia mengalami permasalahan kulit kusam. Dermatologis, dr Arini Widodo, SpKK menjelaskan penyebab kulit kusam pada setiap orang berbeda. Bisa disebabkan oleh penumpukan kulit mati. Masalah pigmentasi bisa pula karena kulit kering dan dehidrasi sehingga terasa bersisik. Badan yang kurang fit juga menyebabkan wajah kurang cerah dan kurang segar.

Baca Juga

"Banyak sekali penyebab-penyebab kulit kusam. Untuk mengatasi kulit kusam, itu personalize berdasarkan penyebab kulit kusamnya," ujar dalam acara launching face care "Glass Skin Series", belum lama ini.

Pada kulit kusam yang disebabkan oleh kulit kering dan dehidrasi, bisa menggunakan agen-agen yang melembabkan kulit misalnya sea snail, hyaluronic acid, shea butter, atau aloe vera. Selain itu, penting juga mengubah gaya hidup, salah satunya dengan cukup mengonsumsi air putih.

Jika kulit kusam karena pigmentasi karena habis berjemur di pantai, bisa menggunakan licorice, niacinamide, dan retinol.

Dokter Arini mengatakan, penuaan juga terkadang membuat kulit menjadi kusam. Lansia terkadang kulit terlihat lebih kusam dibandingkan yang lebih muda. Bisa diatasi dengan agen-agen anti-aging, snail, retinol, hyaluronic acid, dan lainnya.

Penyebab tersering kulit kusam adalah penumpukan sel kulit mati. Untuk mengatasinya bisa dengan eksfoliasi kulit baik chemical dan physical. Jika kulit sensitif, akan lebih baik eksfoliasi dengan chemical dan harus hati-hati. Misalnya agen eksfoliasi adalah acid bisa juga dibantu dengan retinol mempercepat regenerasi kulit.

Dokter Arini menyebut, memiliki pengetahuan yang cukup dalam merawat kulit wajah kusam sangat penting, karena perlakuan yang salah dapat menyebabkan beberapa masalah kulit seperti jerawat, iritasi bahkan alergi. "Perawatan wajah dengan menggunakan produk perawatan dari bahan-bahan dan kandungan yang tepat sesuai dengan permasalahan kulitnya dapat membantu kulit wajah menjadi lebih sehat," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement