Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ligar Wening Kahayuan

KONTROVERSI LOGO HALAL MUI. MEMICU POLEMIX.

Politik | Monday, 14 Mar 2022, 17:25 WIB

Logo baru 'Halal' ungu Indonesia memicu reaksi beragam dari public

Anda mungkin pernah melihat beberapa iterasi lambang halal pada kemasan makanan Anda. itu menjadi satu-satunya merek yang tampaknya diikuti oleh umat Islam saat berbelanja atau kembali menelan makanan. Bahkan memberitahu mereka bahwa apa pun yang mereka konsumsi diperbolehkan untuk memenuhi kebutuhan Islam – tetapi tidak lagi terbatas pada tidak adanya daging babi, minuman keras, dan lainnya.

Desain merek berbeda sesuai dengan tempat makanan yang dicatat menjadi bersertifikat. Namun mereka umumnya mengambil tampilan yang sama, berwibawa untuk kesadaran praktis secara global.

Indonesia telah memperkenalkan logo halal baru, yang menyimpang dari merek rata-rata yang terhubung atau ramah lingkungan, dan katakan saja itu mendapat reaksi gabungan dari publik.

Menelusuri kembali logo halal sebelumnya, Anda sebenarnya bisa melihat perubahan besar-besaran dari segi aksen desain. Logo sebelumnya secara alami menunjukkan halal dalam setiap jenis Romawi dan Arab, seperti yang dipertimbangkan di bawah ini:

lambang baru, setelah mengatakan itu, membutuhkan strategi yang sangat berbeda. menggantikan warna hijau khas yang ditemukan di lambang halal terbaik di seluruh dunia, lambang baru Indonesia menampilkan warna ungu tua yang cukup diminati.

tapi sekarang bukan warna yang didapat setiap orang speakme. atau tidak itu adalah keunggulan dari catatan halal dalam bahasa Arab, yang kini telah mengambil lebih bergaya, kaligrafi tampaknya:

Meskipun tampaknya tingkat pertama dari sudut pandang desain, Anda tidak dapat menyangkal bahwa sulit untuk melihat Halal dalam bahasa Arab, meskipun sebenarnya edisi Romanized crystal bright in all-caps. Yang menambah reaksi beragam adalah bentuk merek yang sedang tren kaligrafi, yang menyerupai gunungan gunungan dari teater dada wayang biasa.

“Ini mewakili kehidupan seorang pria atau wanita,” kata Aqil Irham, Kepala Laksamana Badan Penjaminan Produk Halal BPJPH urusan non sekuler. Kebaikan acicular anehnya melambangkan kebutuhan manusia untuk lebih dekat dengan Tuhan.

tetapi juga terang bahwa beberapa orang tidak setuju menambahkan tradisi ke dalam merek, membuat perbandingan dengan logo halal negara lain, yang tidak berfungsi motif tertentu.

“Lambang halal Rusia tidak memiliki ciri khas, Korea tidak memiliki ciri khas pop, aksara Roma tidak bercirikan aksara Romawi. Mengapa wayang gunungan menjadi ciri khas Indonesia?” pengguna NeoNetizen bertanya.

sementara itu adalah elemen yang luar biasa, kita bahkan harus mengingat satu elemen: hanya karena itu belum selesai sebelumnya, tidak berarti itu tidak tercapai sama sekali.

padahal jelas tidak nyaman untuk mengidentifikasi Halal dalam bahasa Arab di lambang baru, itu lebih besar dari yang jelas ditampilkan dalam huruf normal. Ini juga membantu membedakan produk halal bersertifikat Indonesia dari relaksasi karena arsitekturnya yang menarik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image