Selasa 15 Mar 2022 06:45 WIB

Menjadi Tua tak Bisa Dihindari Tetapi Bisa Dilalui dengan Baik, Ini Caranya

Seseorang bisa melewati proses penuaannya dengan cara yang baik dan tidak.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Seseorang bisa melewati proses penuaannya dengan cara yang baik dan tidak.
Foto: Dailymirror
Seseorang bisa melewati proses penuaannya dengan cara yang baik dan tidak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penuaan tidak bisa dihindari tetapi seseorang bisa memilih hendak melewatinya dengan cara positif atau tidak. Bagi yang ingin proses penuaan nantinya terlewati dengan baik, ada hal yang bisa dilakukan sejak usia muda

Instruktur kebugaran kelompok dan spesialis penuaan aktif di Life Time ARORA, Rosalind Frydberg, merekomendasikan untuk melakukan latihan keseimbangan. Tidak perlu latihan rumit, namun cukup dilakukan sambil menyikat gigi.

Baca Juga

Frydberg menjelaskan, secara umum jika seseorang mencoba melakukan dua hal sekaligus, salah satunya kemungkinan besar akan terganggu. Sebagian besar aksimultitasking disebutnya tidak meningkatkan hidup seseorang

Akan tetapi, selalu ada pengecualian. Contohnya, menyikat gigi sambil latihan keseimbangan dengan cara berdiri menggunakan satu kaki. Tindakan simultan itu menawarkan banyak manfaat untuk penuaan yang sehat.

Menurut Frydberg, kombinasi kedua hal tersebut akan memberikan keseimbangan tubuh yang lebih baik, otak yang lebih tajam, dan tulang yang lebih kuat. Idealnya, latihan dilakukan dua kali sehari.

"Tubuh kita cenderung lebih kuat atau lebih lemah di satu sisi, terutama seiring bertambahnya usia, jadi tetap seimbang sangat penting," ujar Frydberg, dikutip dari laman Live Stron, Senin (14/3/2022).

Untuk melakukannya sangat mudah, yakni dengan berdiri dengan satu kaki secara bergantian. Pastikan untuk berlatih secara merata pada kedua kaki, melakukannya bisa menyesuaikan dengan waktu menyikat gigi supaya mudah.

Sebagai contoh, saat menyikat gigi di pagi hari seseorang menyeimbangkan tubuh di sisi kanan. Kemudian di malam hari, keseimbangan di sisi kiri alias mencoba berdiri dengan satu kaki dengan kaki kiri.

Pada awalnya, seseorang mungkin akan tertatih-tatih. Frydberg menyebutnya tidak masalah, sebab memang butuh waktu dan latihan untuk membangun keseimbangan dengan satu kaki, setidaknya dalam tiga hari.

Meski demikian, Frydberg mengingatkan pentingnya keselamatan diri. Jangan sampai tersandung secara tidak sengaja atau tersedak pasta gigi karena tidak fokus ketika sedang menggosok gigi.

Supaya menghindari hal-hal tersebut, kiat dari Frydberg memulai dengan perlahan. Letakkan tangan yang tidak memegang sikat gigi di wastafel atau tepi bak mandi sehingga ada topangan ekstra. 

Untuk latihan awal, mulailah menyeimbangkan tubuh selama beberapa detik saja. Jika sudah merasa lebih nyaman, selanjutnya tambahkan lebih banyak waktu. Saat berdiri dengan satu kaki, selalu lihat lurus ke depan.

Pandangan ke bawah tidak dianjurkan sebab bisa membuat keseimbangan hilang. Frydberg juga mengingatkan agar mempertahankan tekanan lembut di bagian lutut pada kaki yang menahan tubuh supaya sendi tidak terkunci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement