Selasa 15 Mar 2022 16:10 WIB

Garuda Indonesia Mulai Layani Umrah dari Surabaya

Penerbangan dari Surabaya melengkapi penerbangan umrah dari Jakarta.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Pesawat Garuda Indonesia. Maskapai nasional Garuda Indonesia mulai melayani penerbangan umrah langsug dari Surabaya, Jawa Timur.
Foto: Reuters/Willy Kurniawan
Pesawat Garuda Indonesia. Maskapai nasional Garuda Indonesia mulai melayani penerbangan umrah langsug dari Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Maskapai nasional Garuda Indonesia mulai melayani penerbangan umrah langsug dari Surabaya, Jawa Timur, menuju Madinah.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, layanan tersebut menjadi komitmen berkelanjutan Garuda Indonesia dalam memastikan hadirnya konektivitas penerbangan tanpa transit bagi calon jamaah umrah dari wilayah asal. "Penerbangan perdana umroh dari Surabaya ini, Garuda Indonesia mengangkut sedikitnya 220 calon jamaah umrah melalui penerbangan langsung tanpa transit rute Surabaya-Madinah," kata Irfan dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (15/3/2022). 

Baca Juga

Irfan memastikan, penerbangan dari Surabaya tersebut melengkapi layanan penerbangan umrah yang dilayani melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta. Sebelumnya penerbangan umrah telah dibuka kembali pada bulan Januari 2022. 

Dia memastikan, penerbangan umrah dari Surabaya akan dilayani satu kali setiap dua pekan dengan menggunakan armada Airbus A330-300. "Armada ini memiliki kapasitas 24 penumpang kelas bisnis dan 263 penumpang kelas ekonomi," ujar Irfan. 

Irfan mengatakan dengan dilayaninya penerbangan umrah dari Surabaya diharapkan dapat memberikan pilihan yang lebih beragam bagi calon jamaah. Khususnya untuk berangkat melaksanakan ibadah di Tanah Suci tanpa melalui transit terlebih dahulu di Jakarta. 

"Kiranya penerbangan ini tidak hanya akan dapat menjawab ekspektasi para jamaah terhadap perjalanan ibadah yang aman dan nyaman namun juga dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi Jawa Timur, khususnya bagi pelaku sektor penyedia jasa perjalanan umrah," jelas Irfan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambut baik penerbangan umrah Garuda Indonesia dari Surabaya tersebut. Khofifah berharap ada penambahan jumlah jadwal penerbangan umrah dari maskapai yang tersedia termasuk Garuda Indonesia. 

"Penambahan penerbangan ini baik ke Jeddah maupun Madinah. Karena peluang ibadah ini sangat diminati masyarakat apalagi menjelang Ramadhan," tutur Khofifah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement