Rabu 16 Mar 2022 09:49 WIB

Bank Dunia Setujui Dana Tambahan 200 Juta Dolar AS untuk Ukraina

Dana yang dimobilisasi oleh Bank Dunia capai lebih dari 925 juta dolar AS

Bank Dunia mengumumkan tambahan bantuan bagi Ukraina hampir 200 juta dolar AS.
Bank Dunia mengumumkan tambahan bantuan bagi Ukraina hampir 200 juta dolar AS.

REPUBLIKA.CO.ID., ANKARA --  Bank Dunia pada hari Senin (14/3/2022) mengumumkan tambahan bantuan bagi Ukraina hampir 200 juta dolar AS. Bantuan ini akan disalurkan untuk menopang layanan sosial Ukraina bagi orang-orang yang rentan.

Dengan pendanaan terbaru, Bank Dunia telah memobilisasi lebih dari 925 juta dolar AS untuk mendukung Ukraina.

"Total bantuan mencapai di atas 723 juta dolar AS yang dimobilisasi untuk Ukraina dan rakyatnya, di mana 350 juta dolar AS telah disalurkan ke Ukraina," katanya dalam sebuah pernyataan.

Pembiayaan tersebut merupakan bagian dari paket dukungan senilai 3 miliar dolar AS sedang dipersiapkan untuk Ukraina selama beberapa bulan mendatang.

Sebagai bagian dari upaya mobilisasi, Austria telah menyumbangkan €10 juta (11 juta dolar AS) ke Multi-Donor Trust Fund (MDTF) yang dibentuk oleh Bank Dunia untuk memfasilitasi penyaluran sumber dana hibah dari donor ke Ukraina.

"Perang yang sedang berlangsung terus menimbulkan korban jiwa parah dan telah menciptakan kesenjangan pembiayaan yang membahayakan kemampuan orang-orang rentan di Ukraina untuk memenuhi kebutuhan dasar," kata Presiden Grup Bank Dunia David Malpass.

Perang Rusia-Ukraina, yang dimulai pada 24 Februari, telah menarik kecaman internasional, menyebabkan sanksi keuangan di Moskow dan mendorong eksodus perusahaan global dari Rusia.

Setidaknya 636 warga sipil telah tewas dan 1.125 terluka di Ukraina sejak awal perang, menurut PBB. Namun, PBB memperingatkan jumlah korban sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi karena belum dapat memperoleh akses ke daerah-daerah.

Sekitar 2,8 juta orang juga telah melarikan diri ke negara-negara tetangga, kata badan pengungsi PBB. PBB akan memberikan bantuan kemanusiaan tambahan sebesar USD40 juta untuk membantu mereka yang paling terdampak oleh konflik, ujar Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/bank-dunia-setujui-dana-tambahan-usd200-juta-bagi-ukraina/2535325
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement