Taliban Izinkan LSM Lanjutkan Operasi Bantuan

Rabu , 16 Mar 2022, 17:21 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Ani Nursalikah
Seorang pria membagikan roti kepada warga Afghanistan di Kabul. Taliban Izinkan LSM Lanjutkan Operasi Bantuan
Seorang pria membagikan roti kepada warga Afghanistan di Kabul. Taliban Izinkan LSM Lanjutkan Operasi Bantuan

IHRAM.CO.ID, KABUL -- Pemerintah Afghanistan yang dipimpin Taliban memberikan kesempatan mengejutkan kepada kelompok LSM dan badan amal. Mereka diizinkan melanjutkan pekerjaan mereka di Afghanistan.

 

Terkait

“LSM dan badan amal menyatakan keterkejutannya atas kesediaan Taliban untuk bekerja sama dengan mereka sejauh ini, dan telah berkomitmen untuk mengizinkan anak perempuan kembali ke ruang kelas mereka bulan ini,” menurut laporan tersebut Axios, dilansir dari Al Araby, Rabu (16/3/2022).

Baca Juga

Kelaparan adalah masalah terbesar yang dihadapi warga Afghanistan. Mereka kemungkinan akan mati tanpa bantuan kemanusiaan karena lebih dari separuh negara saat ini menghadapi kerawanan pangan karena jutaan orang berisiko kelaparan.

Kelompok-kelompok bantuan itu mengatakan, mereka harus terlibat dengan Taliban jika mereka ingin menyelamatkan warga yang menghadapi kelaparan, bahkan jika Taliban menggunakannya untuk menyatakan statusnya sebagai pemerintah yang sah.

“Ada ketidakamanan pangan yang serius dan serius di seluruh negeri,” kata Bob Kitchen dari Komite Penyelamatan Internasional mengatakan kepada Axios dilansir dari Al Araby, Rabu (16/3/2022).

Pada saat yang sama, kata dia, pertemuan yang benar-benar aneh, tetapi penuh harapan dengan pemerintah Taliban. Bahwa Taliban benar-benar mencoba memberdayakan LSM, memberikan beberapa harapan organisasi internasional dapat diizinkan membuat perbedaan.

Meskipun mereka masih berniat menegakkan interpretasi Islam yang ketat, menurut Kitchen Taliban tengah mempertimbangkan kebutuhan masyarakat untuk tetap berkuasa. Ini dapat memungkinkan warga Afghanistan mendapatkan bantuan yang sangat mereka butuhkan untuk mencegah setidaknya beberapa skenario terburuk.

Taliban dikenal karena membasmi perbedaan pendapat, menegakkan hukuman yang keras dan terkenal karena penindasan mereka terhadap perempuan. Pendanaan dan bantuan internasional telah mengering karena sebagian besar negara tidak mau bekerja dengan Taliban.

Jutaan orang Afghanistan berada di ambang kelaparan, memaksa keluarga untuk membuat pilihan yang paling buruk. Mereka harus merelakan pendidikan anak perempuan mereka dan membawa pada pernikahan. 

Beberapa keluarga yang memiliki anggota banyak, bahkan hanya makan sekali setiap tiga hari. PBB menyerukan lima miliar dolar AS dana kemanusiaan untuk membantu warga Afghanistan bertahan dari krisis pada Januari, yang merupakan seruan terbesar yang pernah ada.

 

https://english.alaraby.co.uk/news/taliban-provides-unexpected-opportunity-aid-workers

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini