Rabu 16 Mar 2022 21:38 WIB

Antisipasi Risiko Terburuk Hadapi Dampak Krisis Perang Rusia Ukraina

Perang Rusia dan Ukraina bisa berdampak terhadap perekenomian Indonesia

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Seorang pria melihat gedung apartemen yang terbakar yang dirusak oleh penembakan di Mariupol, Ukraina. Perang Rusia dan Ukraina bisa berdampak terhadap perekenomian Indonesia
Foto: AP/Evgeniy Maloletka
Seorang pria melihat gedung apartemen yang terbakar yang dirusak oleh penembakan di Mariupol, Ukraina. Perang Rusia dan Ukraina bisa berdampak terhadap perekenomian Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Konflik Ukraina-Rusia menuntut setiap negara mempersiapkan strategi terbaik untuk menghadapi risiko terburuk agar mampu menghadapi dampak krisis tersebut. Indonesia harus memanfaatkan setiap potensi yang dimiliki untuk menjawab tantangan tersebut.  

"Semua pendekatan untuk menghadapi dampak krisis akibat konflik kedua negara itu harus dilakukan untuk mengantisipasi risiko dari krisis di Ukraina-Rusia," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, saat membuka diskusi daring bertema Mengantisipasi Ancaman Terhadap Ekonomi Nasional Di Balik Krisis Ukraina-Rusia yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (16/3/2022).       

Baca Juga

Di fase awal invasi Rusia ke Ukraina, menurut Lestari, tidak bisa dihindari lagi sejumlah gangguan pada keseimbangan pasokan energi, gangguan rantai pasokan komoditas dan perlambatan ekonomi.  

Rerie, sapaan akrab Lestari mengajak anak bangsa untuk memanfaatkan semua potensi yang dimiliki agar mampu menjawab tantangan tersebut.  

Penguatan identitas satu dalam keragaman yang kita miliki, menurut Rerie, bisa menjadi potensi yang bisa dimanfaatkan untuk menghadirkan solusi dalam menghadapi dampak krisis tersebut.  

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berharap konflik Rusia-Ukraina segera berakhir dan seluruh energi positif anak bangsa bisa dimanfaatkan sebagai modal negeri ini untuk bangkit.  

Duta Besar RI untuk Polandia Periode 2014–2019, Peter F Gontha, berpendapat secara geografis Rusia memiliki perbatasan darat dengan banyak negara. Jadi, ujar Peter, apa pun yang terjadi terhadap Rusia akan mengakibatkan dampak ekonomi terhadap banyak negara.  

Baca juga: Tentara Israel Paksa Diplomat Muslim Taiwan Baca Alquran

Peter sangat berharap pemerintah dapat menyikapi dampak krisis Rusia-Ukraina dengan kebijakan yang tepat, sehingga perdagangan sektor energi dan komoditas nasional dapat sepenuhnya bermanfaat bagi negara dan masyarakat luas.  

Sanksi ekonomi yang dijatuhkan Amerika Serikat terhadap Rusia, menurut Peter, akan menjadi preseden bagi negara-negara yang berniat berinvestasi ke negara lain.   

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement