Proyek Bus Makkah Masuk Uji Coba Gratis Fase Dua

Kamis , 17 Mar 2022, 14:14 WIB Reporter :mgrol135/ Redaktur : Ani Nursalikah
Proyek Bus Makkah di Arab Saudi. Proyek Bus Makkah Masuk Uji Coba Gratis Fase Dua
Proyek Bus Makkah di Arab Saudi. Proyek Bus Makkah Masuk Uji Coba Gratis Fase Dua

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Komisi Kerajaan Arab Saudi melakukan uji coba gratis tahap kedua Proyek Bus Makkah untuk Kota Makkah dan Situs Suci. Proyek ini menghubungkan kawasan Haram pusat di sekitar Masjidil Haram, Stasiun Kereta Cepat Haramain, dan Universitas Umm Al-Qura.

 

Terkait

Ada perluasan rute ke distrik Al-Buhairat. Proyek Bus Makkah dioperasikan oleh Pusat Transportasi Terpadu di sepanjang rute 6, 7 dan 12.

Baca Juga

Menurut komisi, rute tambahan ini akan melayani penduduk dan pengunjung Makkah dalam skala yang lebih luas. Pelaksanaan fase kedua akan meningkatkan integrasi transportasi umum regional dan berkontribusi pada tingkat pemanfaatan 15 persen pada tahun 2030, sebagaimana ditetapkan dalam Strategi Transportasi dan Logistik Nasional Putra Mahkota Muhammad Bin Salman, yang diluncurkan pada Juni 2021.

Menyusul keberhasilan proyek bagian pertama, komisi mengatakan bahwa jemaah umrah dan haji yang akan dating selama bulan suci Ramadhan akan mendapat manfaat dari layanan baru tahap kedua. Pada akhir 2022, proyek ini akan secara resmi menyelesaikan fungsi semua rute bus.

Dikutip dari Saudi Gazette, Rabu (16/3/2022) proyek ini akan menampilkan 12 jalur di jalan-jalan utama dan lingkungan, termasuk tujuh jalur untuk bus lokal dan lima jalur untuk bus ekspres, dengan total panjang lebih dari 280 km. Sebanyak 400 bus akan tersedia, dengan 240 bus normal dan 160 bus gandeng dengan kapasitas 125 penumpang.

https://saudigazette.com.sa/article/618192/SAUDI-ARABIA/Free-trial-run-of-second-phase-of-Makkah-Bus-Project-begins

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini