Sabtu 19 Mar 2022 00:56 WIB

Kepala Otorita IKN Akan Susun Organisasi yang Lincah dan Bertata Kelola Baik

Kepala Otorita IKN Akan Susun Organisasi yang Lincah dan Bertata Kelola Baik

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Muhammad Hafil
Kepala Otorita IKN Akan Susun Organisasi yang Lincah dan Bertata Kelola Baik. Foto:   Truk melintas di jalan raya yang akan masuk ke dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (15/3/2022). Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN Nusantara seluas 6.671 hektare itu rencananya akan terbagi menjadi tiga klaster, yaitu klaster kawasan inti pemerintahan, klaster pendidikan, dan klaster kesehatan.
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Kepala Otorita IKN Akan Susun Organisasi yang Lincah dan Bertata Kelola Baik. Foto: Truk melintas di jalan raya yang akan masuk ke dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (15/3/2022). Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN Nusantara seluas 6.671 hektare itu rencananya akan terbagi menjadi tiga klaster, yaitu klaster kawasan inti pemerintahan, klaster pendidikan, dan klaster kesehatan.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono ingin organisasi yang dipimpinnya nanti menjadi institusi yang lincah dan memiliki tata kelola yang baik. Saat ini pihaknya tengah menggodok penyusunan kelembagaan bersama kementerian dan lembaga terkait.

Hal ini disampaikan Bambang yang didampingi Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (18/3).

Baca Juga

"Kalau untuk soal institusi memang sekarang sedang digodok bersama dengan kementerian dan lembaga terkait. Kami ingin memastikan juga nanti ada satu bentuk yang benar-benar lincah, namun masih memenuhi kaidah-kaidah tata kelola yang baik sehingga kita benar-benar memiliki satu institusi yang istilahnya lincah atau agile tapi dengan governance yang baik," ujar Bambang dalam pernyataannya melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Bambang mengatakan, sejak awal pihaknya ingin memastikan agar tata kelola dari Otorita IKN dapat berlangsung dengan baik. Sebab, menurutnya, tata kelola yang baik merupakan salah satu prasyarat yang utama untuk menarik investor.

"Semakin kita memiliki satu governance yang baik, semakin investor percaya bahwa kita punya kredibilitas dan tentunya nanti trust-nya akan terbangun," tambah dia.

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan di dalam organisasi yang dipimpinnya setidaknya ada Otorita IKN sebagai penyelenggara pemerintahan sekaligus sebagai regulator, juga ada badan usaha yang akan melakukan pelaksanaan pembangunan dan menarik investor. Dengan demikian, diharapkan pola-pola kerja sama antara pemerintah dengan swasta atau investasi swasta bisa berlangsung lebih dinamis. 

Bambang juga menyebut, bersama wakilnya telah berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Kejaksaan.

“Kemudian minggu depan kita juga akan ikuti lagi dengan instansi yang lain, di antaranya dengan KPK. Tentu kami ingin dari awal kita dikawal, sehingga trust atau confidence terhadap organisasi IKN ini bisa terbentuk dengan baik,” jelas dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement