Sabtu 19 Mar 2022 15:42 WIB

Bulgaria tidak akan Pasok Senjata ke Ukraina

Bulgaria hanya akan mengirimkan bantuan kemanusiaan dan menerima pengungsi Ukraina

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Perdana Menteri Bulgaria Kiril Petkov (kanan)  mengatakan negaranya tidak akan terlibat dalam permusuhan di Ukraina.
Foto: AP/Valentina Petrova
Perdana Menteri Bulgaria Kiril Petkov (kanan) mengatakan negaranya tidak akan terlibat dalam permusuhan di Ukraina.

REPUBLIKA.CO.ID, SOFIA -- Bulgaria tidak akan mengirimkan senjata ke Ukraina. Perdana Menteri Bulgaria, Kiril Petkov mengatakan negaranya tidak akan terlibat dalam permusuhan di Ukraina.

Meski tidak mengirimkan bantuan senjata, Petkov menekankan Bulgaria terus memberikan dukungan bagi Ukraina. Petkov menambahkan, Bulgaria hanya akan mengirimkan bantuan kemanusiaan dan menerima pengungsi dari Ukraina.

"Bulgaria akan berkontribusi untuk memperkuat sayap timur bersama dengan NATO," ujar Petkov, dilansir Anadolu Agency, Sabtu (19/3/2022).

Petkov mengatakan, NATO harus bekerja dalam koordinasi yang erat dengan negara-negara di Eropa Tengah dan Timur. Sebelumnya Wakil Perdana Menteri Bulgaria, Kornelia Ninova, mengatakan, tidak ada permintaan dari Amerika Serikat kepada Bulgaria untuk mentransfer senjata ke Ukraina. Ninova telah menekankan bahwa mereka akan menentang segala bentuk transfer senjata ke Ukraina.

Presiden Bulgaria Roumen Radev menjelaskan, Bulgaria harus bersolidaritas dengan Ukraina. Menurutnya memasok senjata ke Ukraina akan menjadi keputusan berisiko yang harus dihindari.

Sementara itu, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin telah tiba di Bulgaria. Petkov dijadwalkan bertemu dengan Austin pada Sabtu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement