Ahad 20 Mar 2022 08:50 WIB

Akun Facebook Anda tak Bisa Dibuka? Mungkin Ini Sebabnya

Facebook mengunci akun pengguna yang tak aktifkan Facebook Protect.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Facebook
Foto: EPA
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Jika Anda bingung mengapa Anda tidak bisa masuk ke akun Facebook, mungkin karena Anda belum mengaktifkan Facebook Protect. Awal Maret, Facebook mulai mengirim email berjudul “Akun Anda memerlukan keamanan tingkat lanjut dari Facebook Protect” untuk meminta pengguna mengaktifkan fitur tersebut pada tanggal tertentu.

Apabila pengguna tidak mengaktifkannya, mereka akan berisiko terkunci. Menurut laporan The Verge, email tersebut berasal dari alamat [email protected] yang menyerupai bentuk umum email spam. Oleh karena itu, emailnya sering diabaikan oleh banyak pengguna.

Baca Juga

Ternyata email itu bukan spam dan upaya Facebook untuk menghubungi pengguna yang berisiko tinggi sebelum mereka terkunci dari akun mereka. Sekarang, orang-orang yang tidak mengaktifkan Facebook Protect sebelum batas waktu mendapatkan pesan tentang alasan mereka tidak dapat mengakses akun mereka dan apa yang harus mereka lakukan selanjutnya.

Namun, hal-hal tidak sesederhana itu. Ada laporan di Twitter di mana pengguna Facebook telah dikunci dari akun mereka meskipun sudah mengaktifkan fitur sebelum batas waktu. Beberapa pengguna lain juga melaporkan masalah teknologi dalam mengirimkan kode otentikasi dua faktor berbasis teks di ponsel mereka.

Dilansir BGR.In, Sabtu (19/3/2022), Meta pada Desember tahun lalu mengumumkan pihaknya akan segera meminta pengguna berisiko tertinggi untuk melindungi akun mereka dengan otentikasi dua faktor. Pada saat itu, perusahaan telah mengatakan pengguna berisiko tinggi yang meliputi jurnalis terpilih, aktivis hak asasi manusia (HAM), pejabat pemerintah, dan pengguna lain yang dapat menjadi sasaran penjahat siber untuk mengaktifkan fitur Facebook Protect.

Jika Anda belum mengaktifkan Facebook Protect di akun Anda, berikut panduan langkah demi langkah tentang apa yang perlu Anda lakukan:

1.Klik panah menghadap ke bawah di sudut kanan atas di Facebook.

2.Klik “Pengaturan & Privasi” lalu klik “Pengaturan.”

3.Klik “Keamanan dan Login.”

4.Di bawah Facebook Protect, klik “Mulai.”

5.Di layar selamat datang, klik “Berikutnya.”

6.Pada layar manfaat Facebook Protect, klik “Berikutnya.”

7. Setelah itu, Facebook akan memindai akun Anda untuk mengetahui potensi kerentanan dan memberikan saran tentang apa yang harus diperbaiki saat Anda mengaktifkan Facebook Protect.

8.Klik “Perbaiki Sekarang” dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan pengaktifan Facebook Protect.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement