Ahad 20 Mar 2022 17:38 WIB

Garuda Indonesia Maksimalkan Slot Penerbangan di Lombok

Garuda menyediakan sedikitnya 236 penerbangan dari dan menuju Lombok.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Kondisi di Lombok International Airport (LIA) di Lombok Tengah, NTB pada Senin (27/11). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta adanya penjualan tiket go show untuk mengantisipasi lonjakan arus balik penonton MotoGP dari Lombok.
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsyi
Kondisi di Lombok International Airport (LIA) di Lombok Tengah, NTB pada Senin (27/11). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta adanya penjualan tiket go show untuk mengantisipasi lonjakan arus balik penonton MotoGP dari Lombok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta adanya penjualan tiket go show untuk mengantisipasi lonjakan arus balik penonton MotoGP dari Lombok. Maskapai Garuda memastikan saat ini fokus dalam mengoperasikan penerbangan di Lombok. 

"Kami akan memaksimalkan penerbangan yang dioperasikan di Lombok," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra kepada Republika.co.id, Ahad (20/3/2022). 

Baca Juga

Meskipun diprediksi akan terjadi peningkatan penumpang, Garuda Indonesia belum bisa memprediksi berapa peningkatan penerbangan yang dilayaninya. Sebab, kata Irfan, penerbangan yang dimaksimalkan Garuda Indonesia untuk mendukung MotoGP masih berlangsung hingga 23 Maret 2022. 

Sebelumnya, Irfan memastikan Garuda Indonesia menyediakan sedikitnya 236 penerbangan dari dan menuju Lombok. Garuda Indonesia melayani 138 penerbangan menggunakan pesawat berbadan lebar A330-300 dan A330-200 serta pesawat narrow body B737-800NG. 

 

Sementara itu, Citilink juga membuka 98 penerbangan dengan mengoperasikan armada Airbus A 320. Pesawat tersebut disiapkan untuk menghubungkan Lombok dari dan menuju tiga kota besar Indonesia yakni Jakarta, Surabaya, dan Denpasar.

Selain itu, Garuda Indonesia menghadirkan layanan khusus shuttle flight dengan rute Denpasar-Lombok pergi pulang yang beroperasi pada hari ini (20/3/2022). Shuttle flight tersebut  diharapkan dapat menjadi opsi tersendiri bagi masyarakat yang ingin menyaksikan gelaran MotoGP di Mandalika, Lombok, sekaligus berwisata di Bali dengan pilihan jadwal penerbangan yang lebih seamless.

"Perluasan layanan penerbangan ini juga menjadi bentuk komitmen kami dalam menghadirkan kontribusi terbaik bagi Indonesia sebagai tuan rumah gelaran internasional tersebut," jelas Irfan. 

Garuda Indonesia juga mendukung kelancaran jalannya gelaran MotoGP melalui pengoperasian 23 penerbangan khusus charter. Penerbangan khusus charter tersebut diperuntukkan bagi para peserta dan tim official. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan puncak arus balik penonton MotoGP diprediksi terjadi pada malam ini, (20/3/2022).

“Nanti malam kemungkinan akan terjadi puncak pergerakan penumpang dari penonton MotoGP yang akan keluar dari Lombok. Kami telah berkoordinasi dengan para stakeholder dan operator untuk mengantisipasinya,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulisnya usai mengecek Bandara Internasional Lombok, Ahad.

Budi memastikan sudah berkoordinasi dengan pemangku kepentingan penerbangan. Termasuk juga pengelola bandara maupun maskapai untuk mempersiapkan tiket go show atau pembelian tiket langsung pada hari keberangkatan.

“Memang sudah ada pesawat berbadan besar jenis Boeing 777 dari Garuda, tetapi itu saja tidak cukup,” ujar Budi. 

Untuk itu, lanjut dia, dipersiapkan tiket go show untuk rute Lombok-Bali. Terlebih menurut Budi hotel di Mandalika terbatas sehingga membuat penonton yang mau menginap di Bali dapat memanfaatkan tiket go show tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement