Puan Dorong Sidang Majelis IPU Realisasikan Komitmen Dana Perubahan Iklim

IPU perlu memobilisasi aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Senin , 21 Mar 2022, 12:55 WIB
Ketua DPR Puan Maharani tekankan pentingnya kerja sama global saat pembukaan sidang IPU ke-144.
Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.
Ketua DPR Puan Maharani tekankan pentingnya kerja sama global saat pembukaan sidang IPU ke-144.

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA -- Ketua DPR RI, Puan  Maharani, membuka sekaligus memimpin sidang majelis Inter-Parliamentary Union (IPU). Dalam pidatonya Puan mendorong peran parlemen dunia dalam memobilisasi aksi nyata mengatasi perubahan iklim. Untuk itu, dirinya mendorong agar komitmen dana perubahan iklim bisa segera direalisasikan.

"Kita harus merealisasikan komitmen pembiayaan perubahan iklim sebesar 100 miliar dolar AS per tahun," kata Puan, di BICC, Nusa Dua, Bali, Senin (21/3/2022).

Baca Juga

Selain itu, Puan juga menekankan IPU perlu memobilisasi aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Kemudian upaya transisi energi bersih dengan transfer teknologi dan investasi dinilai juga perlu didukung.

Untuk mencapai hal tersebut, Puan mendorong agar pertemuan IPU ke-144 ini dapat menekankan kepada beberap hal. Pertama, perlunya memperkuat kemitraan global, dan multilateralisme dalam menyelesaikan berbagai permasalahan global.

"Kedua, perlunya mengubah komitmen pada berbagai kesepakatan internasional menjadi aksi nyata di dalam negeri," ucapnya.

 

Ketiga, Puan menilai perlunya membangun budaya damai berupa penyelesaian masalah dengan dialog dan toleransi, dan meninggalkan kekerasan. Keempat, perlunya Parlemen berperan aktif menjembatani perbedaan antar negara dan berupaya membangun saling kepercayaan.

Puan mengatakan melalui tema 'Getting to Zero: Mobilizing Parliaments to Act on Climate Change' memberi kesempatan bagi Parlemen untuk berada di garda depan dalam mencapai zero emission.

Menurutnya jika emisi dunia tidak berkurang 7,6 persen per tahunnya dari tahun 2020 hingga tahun 2030, maka dunia tidak akan mencapai target pemanasan bumi 1,5 hingga 2 derajat celcius.