Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Baihaqi

SMPIT Azkiya Bireuen Gelar GASC untuk Gali Potensi dan Bangun Ukhwah Peserta

Eduaksi | Sunday, 20 Mar 2022, 16:17 WIB

BIREUEN - Gema Azkiya Scout Camp atau GASC yang diselenggarakan oleh SMPIT Azkiya Bireuen bertujuan untuk mengaktulisasikan diri pada kegiatan kepramukaan dan membangun bina ukhwah serta menggali potensi masing-masing peserta.

Demikian disampaikan Panitia GASC, Ustad Khairul Anwar, S.Pd di sela-sela kegiatan yang diselenggarakan di kompleks SDIT-SMPIT Azkiya, Minggu (20/03/22).

Lebih lanjut, ustad Khairul yang juga Pembina Pramuka SMPIT Azkiya menambahkan, kegiatan GASC ini dilaksanakan selama 3 hari 2 malam dengan mengikutsertakan 6 Kontigen Pramuka dari 3 SD dan 3 MIN dalam wilayah Kabupaten Bireuen.

"SDIT Azkiya, SDIT Muhammadiya Bireuen, dan SDIT Kuttab, MIN 26, MIN 25 dan MIN 52 adalah kontigen pramuka yang kita ikutkan pada GASC ini dan keikutsertaan mereka merupakan upaya ukhwah yang kita bangun," rinci ustad Khairul.

Ustad Khairul melanjutkan, kegiatan GSAC yang diselenggarakan pihaknya diisi dengan dengan ragam kegiatan lomba kepramukaan, qiyamul lail dan kegiatan lainnya yang tetap menjunjung nilai-nilai keislaman yang dapat diambil pembelajaran oleh setiap peserta.

Ia melanjutkan, kegiatan yang diselenggarakan pihaknya turut didukung oleh Yayasan Ar Risalah Aceh, BSI KCP 1 dan BSI Simpang 4 Bireuen, PT Erlangga, Dinas Sosial Bireuen, PT Grafindo, BNPB Bireuen, dan PT Takabeya Perkasa Group.

"Kegiatan yang kami gagas ini dibuka oleh Ibu Hj Sadriah, istri Direktur Utama PT Takabeya Group dan penutupan sekaligus pembagian hadiah kepada peserta yang menang dalam aneka perlombaan akan dilakukan oleh Pelatih Ahli Sekolah Penggerak, Mulyadi Zakaria. S.Fil,I.,MA," tutupnya.

Sementara itu, Kepala SMPIT Azkiya, Ratna Chairani Ulfa yang dihubungi terpisah menyebutkan, GASC ini adalah yang perdana diselenggarakan selama SMPIT Azkiya didirikan, sehingga pihaknya mengajak banyak stakeholder untuk terlibat.

Menurutnya, SMPIT Azkiya merupakan satu-satunya sekolah SMP swasta di Kabupaten Bireuen yang dipilih dan ditetapkan sebagai Sekolah Penggerak oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan beberapa waktu lalu.

"Kepramukaan di SMPIT Azkiya merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib untuk setiap siswa dan juga tutuntan profil pelajar pancasila dalam kurikulum Sekolah Penggerak adalah latar belakang kenapa kami menyelenggarakan GASC ini," jelasnya.

Dalam rangkaian GASC ini, lanjutnya, pihaknya ingin menyampaikan keseruan kegiatan Pramuka yang ada di SMPIT Azkiya kepada setiap peserta.

"Dalam GASC ini kami juga menyediakan stand-stand yang diisi dengan hasil karya siswa di setiap mata pelajaran dan memfasilitasi pengunjung untuk melihat berbagai preparat biologi yang bisa dilihat melalui microskop," sebutnya.

Ia menambahkan, ada juga stand informatika yang disediakan untuk mengajarkan pengunjung proses mencetak mug dengan berbagai desain. Dan ada aneka rangkaian perlombaan untuk memotivasi peserta didik dari sekolah lain agar bisa explore ilmu yang di miliki.

"Tentunya semua rangkaian kegiatan benar-benar disajikan seperti kegiatan pembelajaran yang dipraktekkan di sekolah sehari-hari dengan tetap menjaga kekompakan antara dewan guru bersama siswa," pungkasnya.[]

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image