Selasa 22 Mar 2022 05:35 WIB

Keutamaan Surat Al Mulk

Setiap Muslim dianjurkan untuk membaca surat Al-Mulk pada malam hari.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Dalam kitab Amaliy Al Hafiz Ibnu Hajar, disebut tentang hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh aku menginginkan bila surat (Al-Mulk) ada di dalam hati umatku."

Ibnu Hajar menjelaskan, berbahagialah mereka yang menyimpan baik-baik surat Al-Mulk. Maksudnya, siapa yang menghafal surat Al-Mulk dan membacanya setiap hari, demikian penjelasan Ibnu Hajar, maka termasuk orang-orang yang disebutkan dalam hadits tersebut.

Baca Juga

Dalam riwayat Ibnu Abbas, Rasulullah bersabda bahwa seorang Muslim yang senantiasa membaca surat Al-Mulk tidak akan disiksa di alam kubur karena surat tersebut membela pembacanya di Hari Kiamat kelak sehingga dia pun akan selamat dari api Neraka. Karena itu, keutamaan besar dari surat Al-Mulk ini ialah menyelamatkan pembacanya dari api Neraka.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya di dalam Alquran terdapat suatu surat yang berisikan 30 ayat yang dapat memohonkan ampunan bagi pembacanya sampai ia mendapat ampunan, yaitu Tabarakal Lazi Biyadihil Mulku (surat Al-Mulk)."

Setiap Muslim dianjurkan untuk membaca surat Al-Mulk pada malam hari. Dalam riwayat Turmudzi, dari Jabir, disebutkan bahwa Rasulullah masih belum tidur sebelum membaca Alif Lam Mim Tanzil (Surat As-Sajdah) dan Tabarakal Lazi Biyadihil Mulku (Al-Mulk).

 

 

 
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement