Rabu 23 Mar 2022 02:47 WIB

Yandex, Mesin Pencari ala Google Terpopuler di Rusia, Apa Keunggulannya?

55 persen pasar pencarian di Rusia dikuasai Yandex.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Yandex, mesin pencari terpopuler di Rusia
Foto: tangkapan layar
Yandex, mesin pencari terpopuler di Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW – Dalam bidang teknologi, Rusia tidak tertinggal oleh negara Barat. Jika perusahaan Barat menciptakan layanan perpesanan populer, seperti WhatsApp, Rusia juga memiliki versi sendiri bernama VKontakte (VK) yang diciptakan oleh Pavel Durov. Setelah VK, Durov juga menciptakan aplikasi perpesanan lain, yaitu Telegram.

Pencapaian ini tidak hanya berlaku bagi aplikasi perpesanan. Rusia juga memiliki mesin pencari ala Google yang populer bernama Yandex. Jika seluruh warga di dunia melakukan pencarian di internet, kemungkinan besar mereka akan memilih Google. Namun, ini tidak berlaku di Rusia. Sebab, 55 persen pasar dimiliki oleh Yandex.

Baca Juga

Dilansir CNBC, Selasa (22/3/2022), Yandex lebih dari sekadar mesin pencari. Layanan tersebut juga menawarkan email, cloud, pembayaran daring, streaming musik, agregasi berita, dan peta. Pada dasarnya, Yandex terdengar sangat mirip Google. Lalu mengapa warga Rusia lebih menyukai Yandex dibandingkan Google?

Lima alasan Yandex memimpin pasar internet di Rusia

1.Pendekatan yang berbeda dalam pencarian

Jika Google lebih berfokus pada penghitungan peringkat halaman situs web, algoritme peringkat Yandex memperhitungkan jarak antara kata dan relevansi dokumen dengan kueri. Pada tahun 2017, perusahaan meluncurkan  algoritma jaringan saraf baru bernama Korolev yang membuat pencarian menjadi lebih efektif.

2.Layanan media terintegrasi

Yandex merupakan perusahaan media terbesar di Rusia dan menawarkan email gratis, peta, musik, video, penyimpanan foto, aplikasi, dan banyak produk lain yang juga ditawarkan Google. Yandex memberikan setiap layanan dengan kualitas tinggi dan disesuaikan untuk pengguna lokal.

3.Lebih sekadar sistem pencarian

Di Rusia, Yandex.Taxi mengalahkan popularitas Uber. Pada tahun 2017, kedua perusahaan bergabung dan menciptakan salah satu layanan taksi terkuat di Rusia. Yandex juga menggantikan perusahaan internasional terkemuka lainnya, seperti PayPal dengan layanan Yandex.Money-nya.

4. Ramalan cuaca yang akurat

Dilansir RBTH, Yandex telah berhasil mengembangkan salah satu prakiraan cuaca paling akurat di dunia dan memiliki peta angin. Awalnya, pengembang berencana untuk mengakhiri layanan ini, tetapi mereka berubah pikiran setelah permintaan dari nelayan Rusia yang menggunakannya untuk memahami pola migrasi ikan.

5.Yandex dibuat untuk pengguna Rusia

Yandex dibuat khusus untuk pasar Rusia dan dapat mengatasi banyak kendala linguistik. Selain itu, lebih baik memahami CrazyFont, yaitu menulis kata-kata Rusia menggunakan skrip Latin daripada Cyrillic. CrazyFont sangat populer di kalangan orang Rusia yang tinggal di luar negeri.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement