Kamis 24 Mar 2022 22:46 WIB

Pesan Rasulullah SAW Saat Fatimah Keluhkan Beban Rumah Tangga

Rasulullah SAW berikan dzikir khusus kepada Fatimah terkait rumah tangga

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Rasulullah SAW, Rasulullah SAW berikan dzikir khusus kepada Fatimah terkait rumah tangga
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Rasulullah SAW, Rasulullah SAW berikan dzikir khusus kepada Fatimah terkait rumah tangga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Suatu ketika Sayyidah Fatimah, putri Rasulullah SAW pernah mendatangi Nabi Muhammad SAW dan berkeluh kesah mengenai beban rumah tangga. Nabi Muhammad SAW kemudian memberikan putrinya tersebut sebuah nasihat.  

Dilansir di Masrawy, Kamis (24/3), Sayyidah Fatimah bercerita beratnya beban rumah tangga. Dia pun meminta kepada Rasulullah SAW untuk memberikannya seorang budak agar membantunya dalam mengurus rumah tangga.  

Baca Juga

Diriwayatkan dari Sayyidina Ali bin Abi Thalib sebagaimana disebutkan dalam Shahih Bukhari. 

أَنَّ فَاطِمَةَ عَلَيْهِمَا السَّلَام أَتَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَشْكُو إِلَيْهِ مَا تَلْقَى فِي يَدِهَا مِنْ الرَّحَى وَبَلَغَهَا أَنَّهُ جَاءَهُ رَقِيقٌ فَلَمْ تُصَادِفْهُ فَذَكَرَتْ ذَلِكَ لِعَائِشَةَ فَلَمَّا جَاءَ أَخْبَرَتْهُ عَائِشَةُ قَالَ فَجَاءَنَا وَقَدْ أَخَذْنَا مَضَاجِعَنَا فَذَهَبْنَا نَقُومُ فَقَالَ عَلَى مَكَانِكُمَا فَجَاءَ فَقَعَدَ بَيْنِي وَبَيْنَهَا حَتَّى وَجَدْتُ بَرْدَ قَدَمَيْهِ عَلَى بَطْنِي فَقَالَ أَلَا أَدُلُّكُمَا عَلَى خَيْرٍ مِمَّا سَأَلْتُمَا إِذَا أَخَذْتُمَا مَضَاجِعَكُمَا أَوْ أَوَيْتُمَا إِلَى فِرَاشِكُمَا فَسَبِّحَا ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَاحْمَدَا ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَكَبِّرَا أَرْبَعًا وَثَلَاثِينَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمَا مِنْ خَادِمٍ

Fathimah ‘alaihimassalam datang menemui Nabi ﷺ mengadukan tangannya yang mengeras karena menggiling. Fathimah pernah mendengar kabar bahwa nabi pernah mendapatkan budak, sayang, kebetulan dia malah nggak kesana. Fathimah pun menuturkan hal itu pada Aisyah.

Ketika Rasulullah ﷺ datang, maka Aisyah pun menuturkannya. Kemudian beliau mendatangi kami yang pada saat itu kami sudah bersiap-siap untuk tidur, maka kami pun segera beranjak.

Beliau bersabda: “Tetaplah pada tempat kalian.” Beliau datang lalu duduk tepat antara aku dan Fathimah hingga aku merasakan kesejukan kedua kakinya. Dan beliau bersabda:

“Maukah aku tunjukkan pada sesuatu yang lebih baik daripada apa yang kalian minta? Bila kalian hendak beranjak ke tempat tidur, maka bertasbihlah tiga puluh tiga kali dan bertahmidlah tiga puluh tiga kali serta bertakbir tiga puluh empat kali. Hal itu adalah lebih baik bagi kalian daripada seorang pembantu.”   

Namun demikian, ketika mengetahui keluh kesah Fatimah mengenai beban rumah tangga, Rasulullah SAW tidak memberikannya budak untuk membantunya membereskan pekerjaan rumah tangga.  

Namun demikian Rasulullah memberikan Fatimah dan Sayyidina Ali sebuah nasihat, yaitu sebuah dzikir yang membantu meringankan beban dalam berumah tangga. Yaitu tasbih dan tahmid 33 kali dan takbir 34 kali. Menurut Ibnu Hajar, Rasulullah SAW perlu menjual budak bukan untuk keluarga tetapi untuk kebutuhan para ahli suffah.

Sementera itu, menurut Al-Qurthubi, maksudnya adalah Rasulullah SAW ingin agar dzikir menjadi pengganti bagi mereka, dan agar putrinya mempunyai rasa itsar (memprioritaskan) fakir miskin, dan menanggung bebannya dengan sabar karena besarnya pahala.        

Sumber: masrawy 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement