Ahad 03 Apr 2022 16:20 WIB

5 Tips Keuangan yang Bisa Dipetik dari Drama Korea

Kamu sedang mencoba untuk menata keuangan menjadi lebih baik lagi?

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Tips Keuangan
Tips Keuangan

Mengatur keuangan dengan baik merupakan salah satu cara cerdas untuk memiliki keuangan yang stabil. Bukan hanya mendapatkan pemasukan yang memadai saja,  ini juga terkait dengan cara mengatur pengeluaran. 

Ada banyak inspirasi yang bisa diambil untuk hal ini, termasuk dari sejumlah drama Korea yang belakangan sangat populer. 

Tidak hanya menjual cerita tentang cinta saja, ada banyak pelajaran penting lainnya yang bisa dipetik dari drama Korea. Cerita tentang bisnis dan juga keuangan juga kerap muncul dalam drama drama populer dari Negeri Ginseng tersebut. 

Ini bisa jadi tontonan yang menyenangkan, apalagi jika saat ini kamu sedang mencoba untuk menata keuangan menjadi lebih baik lagi. Berikut ini adalah beberapa tips keuangan yang bisa dipetik dari jumlah drama Korea populer:

 

 

1. Menikmati hobi sekaligus mendapatkan uang 

hobi yang menghasilkan

Crash Landing On You menjadi drama Korea pertama yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi dalam menata uang. Drama mengharukan yang menceritakan kisah cinta beda negara ini cukup menguras emosi. 

Kisah ini berawal dari pertemuan Yoon Se Ri yang berprofesi sebagai pebisnis di Korea Selatan dengan Kapten Ri yang berstatus sebagai tentara Korea Utara. 

Tinggal di barak tentara Korea Utara membuat kehidupan Yoon Se Ri berubah total dan jauh dari kemewahan. Drama ini memberi inspirasi untuk bisa tetap bertahan dan mendapatkan uang,  meski dalam kondisi yang tidak mudah. 

Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara,  termasuk dengan memanfaatkan hobi yang dimiliki. Misalnya,  jika selama ini kamu senang membuat dan mengedit video,  maka tidak ada salahnya untuk menekuni profesi sebagai content creator.

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Beli Mobil Tanpa Mengganggu Keuangan

2. Ayo mulai berinvestasi

investasi

Itaewon Class juga menjadi salah satu drama Korea yang populer  yang bisa menjadi inspirasi untuk rajin melakukan investasi di dalam keuangan. Semakin cepat melakukan investasi, maka akan semakin baik juga dampaknya bagi keuangan. 

Hal inilah yang dilakukan oleh Park Sae Ro Yi. Di usianya yang masih muda, pemuda ini memberanikan diri untuk memulai bisnis dengan modal seadanya. 

Namun siapa sangka bisnis itu justru berhasil dan dalam waktu yang cepat Pak Sae Ro Yi bisa mengalahkan saingan terberatnya. Drama ini mengingatkan kita bagaimana pentingnya untuk belajar dan berani melakukan investasi sejak muda. 

Saat ini investasi bisa kamu lakukan dengan banyak cara, mulai dari membeli properti, saham, reksadana dan yang lainnya. 

3. Dapatkan uang dari kerja part time 

part time

Mendapatkan uang tambahan merupakan salah satu cara untuk bisa menyimpan lebih banyak uang setiap bulannya, inilah pelajaran yang bisa dipetik dari drama Korea Record Of Youth. Meski sudah memiliki pekerjaan sebagai model, 

Sa Hye Jun  bekerja  part time di sela-sela kesibukannya. Pekerjaan part time ini dilakoninya untuk bisa mendapatkan sejumlah uang tambahan. 

Saat bisa mendapatkan lebih banyak uang setiap bulannya, maka akan semakin banyak juga uang yang bisa ditabungkan. Kelak uang ini bisa digunakan untuk banyak hal,  termasuk jika ingin membangun sebuah bisnis. 

Pada dasarnya ada banyak jenis pekerjaan part time yang bisa dilakukan dengan mudah,  mulai dari freelancer hingga menjadi penjaga toko, dan yang lainnya. Waktunya juga terbilang fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan pekerjaan utama. 

Baca Juga: 4 Cara Cerdas Menata Ulang Keuangan Agar Kebutuhan Aman

4. Berhemat

berhemat

Drama Korea Hotel Del Luna menyimpulkan cerita yang akan mengajarkan bagaimana pentingnya untuk berhemat dalam keuangan. 

Drama ini bercerita tentang Jang Man Wol yang begitu senang berfoya-foya dan menghabiskan banyak uang sepanjang waktu. Hobinya berfoya-foya ini bahkan membuat seluruh hidupnya menjadi berantakan,  termasuk keuangannya. 

Hotel Del Luna mengajarkan bagaimana pentingnya untuk selalu cermat dalam membelanjakan uang,  terutama untuk hal-hal yang tidak begitu penting. 

Berhemat memang sangat penting untuk dilakukan,  agar kondisi keuangan bisa tetap berjalan dengan baik dan lancar. Membuat anggaran keuangan bulanan dan daftar belanja menjadi salah satu cara untuk mengontrol pengeluaran.

5. Siapkan dana darurat

dana darurat

Weightlifting Fairy Kim Bok-joo menjadi drama Korea lainnya yang bisa memberi inspirasi bagaimana pentingnya mengelola keuangan dengan baik. Drama ini menceritakan bagaimana Eui Sik menghadapi kondisi keuangan yang buruk, namun tidak memiliki dana darurat sama sekali. Hal ini tentu membuatnya kebingungan.

Penting untuk selalu memiliki dana darurat di dalam keuangan,  terutama untuk yang sudah memiliki tanggungan. 

Dana darurat akan membantu untuk mengatasi berbagai kondisi keuangan yang buruk atau tidak ada di dalam rencana pengeluaran rutin, misalnya:  biaya renovasi rumah setelah terjadi bencana alam,  biaya rumah sakit pasca kecelakaan, dan  yang lainnya. 

Kelola Keuangan dengan Cara yang Cerdas Mulai Sekarang

Inspirasi pelajaran tentang keuangan bisa didapatkan dari mana saja, termasuk drama Korea. Ada banyak drama Korea yang menarik dan bercerita tentang bagaimana pentingnya untuk selalu menjaga kondisi keuangan dengan baik. Mulai kelola keuangan dengan cara tepat sejak sekarang, agar keuangan jadi lebih kuat dan stabil. 

Baca Juga: 7 Langkah Menghitung Biaya Hidup saat Kuliah di Luar Negeri

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement